Thursday, 2 February 2017

Obat Sakit Gusi Bengkak Dan Berdarah Pada Anak Secara Tradisional paling ampuh

Loading...
Obat sakit gusi dan gigi – Radang gusi atau gingivitis adalah peradangan yang terjadi pada gusi sehingga menimbulkan bengkak dan berdarah pada gusi. Pada waktu menyikat gigi gusi akan terlihat lebih mengkilap dan mudah mengeluarkan darah. Gusi bengkak yang tidak segera mendapat perawatan akan mengakibatkan gigi juga mengalami gangguan dan bisa menyebabkan gigi menjadi lepas. Sakit gusi bengkak dan berdarah biasanya di sebabkan oleh adanya plak ( dental plaque ) yang tertinggal dan menumpuk serta tidak di bersihkan pada leher gigi. Pada perbatasan gusi dan gigi, plak akan menghasilkan iritan kimiawi yang akan masuk ke gusi melalui lekukan dangkal. Plak tersebut lambat laun akan menempel pada gusi dan akan mengiritasi gusi dan akan mudah berdarah.

Obat-Obat Sakit Gusi Bengkak Dan Berdarah Pada Anak Secara Tradisional paling ampuh

Penyakit ini sering menghampiri anak – anak, karena anak – anak belum bisa menjaga kebersihan mulutnya. Akan tetapi tidak hanya anak – anak saja, orang dewasa juga sering terserang sakit gusi ini.


Obat Sakit Gusi Bengkak Dan Berdarah Pada Anak Secara Tradisional paling ampuh

Gejala dan tanda sakit gusi bengkak dan berdarah pada anak

Sebelum kita mengetahui obat sakit gusi bengkak maka kita harus mengetahui terlebih dahulu gejala dan tanda sakit gusi bengkak dan juga berdarah pada anak.
  • Gusi terasa sakit
  • Gusi tampak merah
  • Gusi membengkak
  • Gusi mengeluarkan darah
  • Menurunya nafsu makan
Langkah pencegahan adalah langkah awal agar gusi pada anak terjaga dan terawat sehingga terhindar dari penyakit gusi bengkak dan berdarah. Salah satunya adalah dengan mengajarkan anak untuk menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari sehingga tidak ada sisa makanan yang tertinggal yang dapat mengakibatkan munculnya bakteri penyebab sakit gusi. Dan pastikan anak - anak di bawa pada dokter gigi 6 bulan sekali untuk membersihkan plak gigi pada anak. Anak – anak belum bisa di pastikan saat membersihkan gigi, untuk itu kita sebagai orang tua harus mengawasi dan juga memotivasi anak agar selalu membersihkan giginya secara benar dan bersih. Gigi yang tidak di bersihkan secara maksimal akan meninggalkan kuman yang akan menginfeksi tubuh. Apabila tubuh terinfeksi, maka tubuh akan mempertahankan dirinya dengan membuat gigi menjadi memerah, membesar dan juga terasa sakit. Dan akan menyebabkan munculnya gingivitis.

Pada anak gingivitis akan membuat anak menjadi tidak nyaman pada gusi dan juga menimbulkan bau pada mulut. Pada saat sikat gigi, gusi akan berdarah sehingga anak akan menjadi takut untuk sikat gigi. Jika semakin parah maka akan menimbulkan karang gigi. Dengan adanya sakit gusi ini maka anak akan memilih makanan yang mudah di kunyah dan tidak bergizi. Kurangnya konsumsi vitamin C juga akan mempengaruhi gusi mudah berdarah. Sakit gusi jika tidak segera ditangani dengan obat sakit gusi belakang yang tepat maka akan menjadi periondontitis atau peradangan pada jaringan penopang gigi. Bakteri akan menghamcurkan tulang dan penopang gigi, sehingga gigi akan keropos dan juga tanggal. Kadang anak juga kana mengalami susah makan karena gusinya juga akan bengkak dan berdarah. Gusi dan gigi saling berkesinambungan, jika gusi sering mengalami masalah maka gigi juga akan mengalami hal yang sama.

Tips Obat sakit gusi berdarah dan bengkak pada anak dengan bahan alami/tradisional

Untuk mengatasinya kita bisa mengobati gusi berdarah dan bengkak pada anak menggunakan bahan – bahan alami yang dapat kita peroleh di sekitar kita. Dan obat sakit gusi tersebut bisa di buat sendiri di rumah. Berikut tipsnya.

1. Menggunakan daun sirih
Daun sirih sudah di ketahui manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan di antaranya untuk obat sakit gusi berdarah secara tradisional. Yaitu dengan menyiapkan 10 lembar daun sirih dan juga garam 1 sdm. Caranya ialah daun sirih di cuci hingga bersih kemudian di rebus dengan air 800cc dan rebus hingga mendidih sampai airnya tinggal 300cc. Lalu saring hingga bersih. Gunakan air rebusan ini untuk berkumur sehari 5 kali agar gusi tidak mengalami pembengkakan dan berdarah.

2. Menggunakan daun jambu biji

Daun jambu biji biasa kita gunakan untuk mengobati diare, akan tetapi juga bisa di gunakan untuk obat sakit gusi pada anak. Caranya ialah dengan menyiapkan 10 lembar daun jambu biji dan juga cuka beras putih 200cc. Caranya ialah cuci daun jambu biji dan campurkan juga cuka beras putih kemudian rebus dengan air 400cc hingga mendidih. Setelah rebusan tersebut dingin, maka saring hingga bersih dan jadikan obat kumur alami. Kumurkan pada anak sehari 5 kali. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Bagaimana Cara Menyembuhkan Gusi Bengkak Akibat Sakit Gigi Dengan Cepat.

3. Menggunakan daun bayam duri

Cara membuat obat sakit gusi menggunakan daun bayam duri adalah dengan mencuci bayam duri dan di bakar. Setelah itu tumbuk hingga halus sepertibubuk. Bubuk tersebut oleskan pada gusi anak secara perlahan dan merata.

4. Menggunakan daun picisan
Sipkan daun picisan secukupnya, cuci hingga bersih, lalu anak suruh mengunyah dan biarkan agak lama pada gusi yang bengkak dan berdarah. Setelah itu buang ampasnya dan lakukan secra rutin sehari 4 kali sampai sembuh.

5. Menggunakan biji jambu mede
Obat sakit gusi selanjutnya adalah menggunakan biji jambu mede. Terlebih dahulu biji jambu mede di keringkan , siapkan 5 biji. Dan ¼ sendok teh madu. Gongseng biji jambu mede tanpa minyak sampai kering, lalu tumbuk hingga halus hingga menjadi bubuk. Ambil 1 sendik bubuk tersebut dan campurkan dengan madu. Aduk hingga merata. Lalu oleska pada bagian gusi yang meradang dan bengkak pada anak.

6. Menggunakan akar manis
Biasa juga di sebut licorice yang biasa di gunakan untuk pemanis makana yang aman di gunakan. Licorice mengandung magnesium dan glycyrrhizin yang akan mencegah pembentukan plak dan juga mengendalikan peradangan. Pemanis ini bisa di gunakan untuk obat sakit gusi yaitu dengan mencampurkannya pada minuman.

7. Menggunakan teh
Teh banyak kita gunakan untuk kecantikan dan juga kesehatan. Akan tetapi teh juga bisa mengatasi peradangan pada gusi. Teh akan bekerja sebagai astrigen yang akan membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi.

Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah salah satu cara agar gusi tidak mudah sakit. Biasakan untuk mengajari anak gosok gigi 2 kali dalm sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, agar tidak ada bakteri yang tertinggal pada gusi. Gosok gigi dengan benar di mulai dari gusi ke arah gigi bagian depan, dengan gerakan memutar 45 derajat. Ketika gigi mulai tumbuh lengkap maka anak harus sesegera mengkin di ajarkan untuk membersihkan gigi secara benar dan rutin. Pegang sikat gigi anak dengan Anda yang menggerakkan arahnya. Sesuaikan juga pasta gigi dan sikat gigi untuk anak, gunakan pasta gigi yang mengandung bahan food grade dan berkumurlah dengan air matang agar tidak tertelan. Banyak makan sayur dan buah agar anak terhindar dari penyakit gusi dan kebutuhan nutrisinya tercukupi.

Itulah informasi mengenai obat sakit gusi bengkak dan berdarah pada anak secara tradisional yang dapat kami bagi. Semoga menjadi inspirasi bagi bunda untuk mengobati masalah gusi pada anak. Sekian dan terima kasih dari www.obatsakitgigialami.com. Selamat mencoba.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: