Thursday, 2 February 2017

Kenapa Gusi Bengkak Dan Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Cepat Sembuh

Loading...
Penyakit gusi bengkak merupakan salah satu penyakit yang tak jarang di antara kita yang mengalami, rasa yang terjadi pasti akan sakit hingga tak tertahankan, terasa berdenyut – denyut nyeri bahkan rasa nyeri hingga ke bagian kepala seakan – akan rasanya seperti mau pecah. Tentunya keadaan tersebut akan mengganggu aktifitas seseorang, maka siapa pun yang mengalaminya pasti akan segera Mengatasi Gusi Bengkak tersebut. Gusi yang sehat tidak berdarah ketika menggososk gigi dan gusi yang terlihat berwarna merah serta kuat merupakan salah satu ciri gusi yang ideal yang tentunya keadaan ini ingin di miliki hampir setiap orang.

Kenapa Gusi Bengkak Dan Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Cepat

Pertama dalam bahasan kali ini adalah apa saja alasan maka penyebab-penyebab gusi bengkak pada anda.
Mengapa gusi bengkak bisa terjadi?

Gusi sangatlah penting bagi kesehatan mulut seseorang, gusi merupakan jaringan yang kokoh yang umumnya berwarna merah muda karena terdapat banyak pembuluh yang kecil dan rapat. Gusi ini membungkus tulang rahang bawah dan tulang rahang atas serta menempel pada bagian bawah gigi maka apa yang terjadi di gigi dapat berdampak pula pada gusi. Pastikan jika anda mengalami masalah ini anda segera Mengatasi Gusi Bengkak Secara Cepat. Gusi bengkak terjadi karena inflamasi atau peradangan sehingga gusi berwarna lebih merah dari gusi yang sehat, gusi jadi terlihat menonjol, dan terlihat kekuningan di ujungnya sebagai salah satu tanda adanya nanah.

Gusi bengkak tentu akan lebih sensitif serta biasanya akan terasa sangat sakit dan terasa berdenyut seakan mau meledak, tak jarang juga gusi yang bengkak menyebabkan keluar darah saat menggosok gigi, ada juga yang bengkaknya hingga pada ppi wajah sehingga wajah terlihat tidak simetris. Kenapa gusi bengkak dapat terjadi? umumnya gusi bengkak di sebabkan dari salah satu gangguan gusi karena adanya penumpukan plak atau karang pada gigi. plak atau karang gigi sangat melekat pada gigi yang umunya tersebut ketika anda setelah makan adan juga minum. Plak ini juga mengandung bakteri yang sebagian bakteri tersebut dapat enyebabkan gangguan kesehatan pada gusi.

Selain itu juga penyebab terjadinya gusi bengkak karena beberapa faktor di antaranya ialah karena infeksi virus atau jamur, karenagingivitis, karena kehamilan, karena kurang gizi atau asupan makan yang baik, karena kurangnya menjaga kebersihan daerah mulut atau juga di karenakan skorbut. Skorbut ialah suatu kondisi tubuh yang keurangan vitamin C. Selain itu juga gusi bengkak juga di sebabkan dari pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi kurang tepat seperti pemasangan kawat gigi atau behel gigi, juga karena sensitifitas gusi akibat dari pemakaian pasta gigi tertentu, juga karena obat kumur dan juga karena efek obat seperti fenobarbital, dilantin atau pada obat penghambat saluran kalsium.


Kenapa Gusi Bengkak Dan Tips Mengatasi Gusi Bengkak Secara Cepat Sembuh

Tips mengatasi gusi bengkak secara alami

Setelah anda mengetahui kenapa bisa terjadi gusi bengkak. Selanjutnya kita bahas mengenai tips dan cara Mengatasi Gusi Bengkak, di antaranya:

1. Jeruk nipis
Jeruk nipis untuk kesehatan tubuh sangat di ragukan lagi kasiatnya. Dalam kesehatan selama ini jeruk nipis di gunakan untuk mengecilkan peru yang buncit yang efektif. Selain itu juga jeruk nipis erupakan buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat di gunakan sebagai buah yang dapat menstabilkan sistem imun. Cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan jeruk nipis, yaitu: anda siapkan 1 buah jeruk nipis yang masih segar dan anda siapkan segelah air hangat. Setelah itu anda belah jeruk nipis menjadi 2 atau 4 bagian setelah itu anda peras, campurkan perasan air jeruk dengan segelah air hangat, aduk kedua campuran bahan tersebut hingga tercampur merata.
Kemudian anda dapat menggunakan campuran bahan tersebut untuk berkumur – kumur.
Jeruk nipis ini sangat efektif dan cepat untuk mengatasi gusi yang bengkak, alangkah baiknya anda gunakan cara ini 2 x sehari pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah bangun tidur, kena karena di saat malam hari serta pada pagi hari mulut dan gigi belum memakan asupan apapun. Sehingga proses penyembuhan akan berlangsung lebih cepat sebab tak ada sisa – sia makanan yang menyelip di gusi.

2. Mengatasi Gusi Bengkak dengan Madu

Madu banyak di gunakan untuk kesehatan serta untuk kecantikan. Untuk kecantika madu dapat di gunakan untuk pelembab kulit serta penghalus kulit. Sedangkan untuk kesehatan madu sendiri dapat di gunakan untuk mengatasi bibir kering karena madu mempunyai kandungan vitamin E yang dapat untuk di gunakan melembabkan kulit bibir. Tetap anda harus berhati – hati dengan madu yang telah beredar di pasaran, karena madu di pasaran biasanya sudah tercampur dengan bahan lain seperti gula jawa sehingga menyebabkan warna serta rasa dari madu oplosan tersebut mirip dengan madu yang asli.

Sehingga perlu anda ketahui madu yang dapat Mengatasi Gusi Bengkak dengan cepat hanyalah madu murni. Cara menggobatai gusi yang bengkaka dengan madu yaitu: anda tuagkan madu kesendok teh, setelah itu anda oleskan madu pada gusi yang bengkak. Lakukan tips ini 3 x sehari supaya gusi yang bengkak cepat kempes. Lebih baik anda oleskan madu dalam keadaan mulut bersih misal ketika akan tidur, ketika pagi hari dan ketika selesai menggososk gigi.

3. Buah lemon
Buah lemon merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C nya, sehingga tak heran jika buah ini dapat di gunakan untuk kesehatan salah satunya cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah lemon dapat berguna untuk melembabkan kulit serta mencerahkan kulit. Saat ini juga banyak di temukan produk – produk kecantikan berbahan dasar buah lemon, seperti pembersih wajah dan krim wajah yang menggunakan bahan dasar sari lemon.

Cara menggunakan buah lemon untuk mengatasi gusi yang bengkak yaitu: anda ambil 1 buah lemon, anda belah menjadi 2 bagian setelah itu anda peras hingga keluar airnya dan buang bijinya, kemudian anda campur perasan air lemon dengan air hangat aduk – aduk sampai tercampur merata. Setelah itu anda gunakan campuran perasan air lemon dan air hangat untuk berkumur – kumur. Anda dapat melakukan cara Mengatasi Gusi Bengkak menggunakan cara ini sebanyak 2 x sehari.

Kandungan acid serta adanya sifat antibakterial pada buah lemon ini sangat efektif untuk membunuh bakteri serta menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut dan gigi.

4. Baking soda
Baking soda, selama ini sudah banyak yang menggunakan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit, dalam kesehatan baking soda dapat di gunakan unuk mengatasi panu dan selain itu juga baking soda dapat di gunakan untuk memutihkan gigi secara alami. cara Mengatasi Gusi Bengkak dengan baking soda sama halnya dengan menggunakan baking soda untuk sariawan yaitu: anda siapkan baking soda dan segelas air hangat, setelah itu anda ambl 1 sendok teh baking soda masukan dalam segela air hangat, lalu anda aduk hingga tercampur rata dan anda gunakan utnuk berkumur – kumur. Untuk mendapat hasil maksimal anda dapat melakukan cara ini sebanyak 2 x sehari supaya gusi bengkak segera sembuh.

5. Cara Mengobati Gusi Bengkak Karena Tumbuh Gigi Geraham

Jika sebab tumbuh gigi disamping cara diatas anda bisa meminum obat untuk mengurangi serta menghilangkan rasa sakit yang terjadi akibat gigi berlubang, yakni analgesik yang bisa dengan mudah ditemukan di apotik , contohnya yaitu ibuprofen, metampiron (antalgin), & asam mefenamat.
Antibiotikberguna untuk membunuh kuman atau bakteri penyebab infeksi gusi. Dapat Anda minum sesuai dengan yang telah dokter anjurkan.

Obat anti-radang berguna untuk mengatasi peradangan yang timbul pada gusi yang bengkak serta area lainnya dalam mulut. Sebelum mengkonsumsi obat ini sebelumnya pastikan Anda sudah menyesuaikan seperti dengan petunjuk dokter. Di samping cara diatas juga lakukan:

  • Menggosok gigi secara benar agar tidak membuat iritasi pada gusi.
  • Hindarilah pemakaian obat kumur dengan kandungan zat yang dapat memperparah gusi yang bengkak.
  • Berhentilah untuk menghisap rokok karena tembakau bisa semakin memperburuk kondisi ini, dan jangan pula minum-minuman beralkohol saat kondisi gusi masih bengkak.
  • Melakukan pemijatan secara perlahan pada gusi merupakan cara alternatif termudah.
  • Langkah terakhir, kompreslah menggunakan kain yang sebelumnya telah dicelupkan pada air hangat di bagian luar (pipi) gusi bengkak berguna untuk meredakan rasa sakit karena infeksi pada gusi. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Tips Bagaimana Cara Mengobati Gusi Bengkak Bernanah Karena Sakit Gigi Berlubang.

Cara Mencegah Gusi Bengkak dan Bernanah Kambuh Kembali

  • Setelah makan, menjelang akan tidur, & bangun tidur di pagi hari rajin-rajinlah untuk menggosok gigi ataupun melakukan flossing.
  • Paling tidak setiap enam bulan sekali berkunjunglah ke dokter gigi untuk membersihkan bekas kotoran pada gigi yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan cara menyikat gigi saja (plak atau karang gigi).
  • Apabila kondisi dalam mulut Anda sering sekali kering, tanyakan pada dokter mengenai obat kumur serta pasta gigi yang aman untuk kondisi ini.
  • Makanlah buah atau minumlah suplemen yang kaya akan kandungan vitamin C, kalsium, dan asam folat berguna untuk mencegah gusi bengkak kambuh lagi.
  • Dalam beberapa kasus tapi jarang, gusi bengkak dapat disertai dengan nanah (abses gingiva)

Itulah penjelasan mengenai kenapa gusi bengkak dan tips Mengatasi Gusi Bengkak dengan cepat dari kami www.obatsakitgigialami.com. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: