Wednesday, 1 February 2017

Apa Akibat Dan Obat Gusi Bengkak Bernanah, Sakit, Dan Infeksi Secara Alami

Loading...
Gusi bengkak dan Sakit – Gusi yang bengkak dan berdarah adalah penyakit gusi yang umum terjadi, akan tetapi jika gusi bengkak di ikuti dengan bernanah dan sakit luar biasa karena infeksi bagaimana rasanya ? Pasti sangat sakit. Kita akan merasa khawatir dan juga takut ketika gusi kita mengalami hal tersebut. Pada sela gigi akan mengalir nanah dan kadang juga pada gusi yang bengkak sehingga tidak akan terlihat. Nanah yang menumpuk akan menyebar yang biasanya di sebut dengan abses periapikal. Nanah berasal dari satu gigi yang menyebar ke jaringan gigi sekelilingnya. Nanah ini terbentuk karena adanya sel darah putih yang berguna untuk melawan adanya infeksi pada bagian tubuh. Perlawanan inilah yang memunculkan nanah. Terdapat sel mati dan juga sel hidup pada nanah. Pada nanah juga terdapat enzim. Nanah juga kadang tidak kunjung muncul dan malah bersembunyi pada rongga jaringan.

Apa-Apa Akibat Dan Obat Gusi Bengkak Bernanah, Sakit, Dan Infeksi Secara Alami

Abses merupakan sebutan dari rongga jaringan tersebut. Nanah akan tinggal pada abses dan juga menimbulkan pembengkakan pada gusi. Abses ini akan terbentuk pada gusi dan mengakibatkan gusi menjadi bengkak dan bernanah. Infeksi ini di mulai dengan adanya infeksi pada gigi, jika terdapat nanah maka bakteri akan tinggal dan tumbuh pada nanah tersebut. Nanah biasanya akan terdapat pada akar gigi.

Penyebab Gusi Bengkak Bernanah

Faktor penyebab gusi bengkak bernanah di mulai dari masuknya bakteri. Berikut ini adalah cara bakteri masuk ke dalam gusi.
  • Bakteri masuk melalui celah antara gusi dan gigi.
  • Bakteri masuk melalui gigi yang berlubang, bahkan bakteri akan menyerang sampai saraf gigi. Jika sudah parah maka pembuluh darah juga akan ikut terinfeksi.
  • Bakteri masuk melalui makanan yang kita makan dan sisa makanan tersebut tertanam dalam gusi.
Apa Akibat Dan Obat Gusi Bengkak Bernanah, Sakit, Dan Infeksi Secara Alami

Gejala Akibat Gusi Bengkak Bernanah

Sebelum munculnya nanah, terdapat gejala dan memunculkan akibat dari munculnya nanah pada gusi bengkak terhadap kesehatan organ lain.

1. Sakit gigi
Ketika gusi bermasalah maka akan muncul sakit gigi. Sakit ini akan terasa ketika kita sedang makan. Karena gigi akan kita gunakan untuk mengunyah makanan sehingga gusi dan gigi akan tertekan.

2. Gigi akan menjadi lebih sensitif
Ketika kita memakan makanan yang panas, maka gigi akan menjadi nyeri padahal sebelumnya tidak terjadi nyeri. Makanan yang panas akan mengakibatkan nyeri yang berdenyut.

3. Demam
Ketika gusi bengkak dan bernanah maka demam kadang juga muncul. Rasa sakit yang luar biasa dan ngilu bisa menyebabkan munculnya demam pada penderita.

4. Pelebaran kelenjar getah bening
Akibat dari gusi yang bengkak dan bernanah dapat memunculkan bengkak pada kelenjar getah bening dan juga pembengkakan pada leher. Pelebaran kelenjar getah bening kadang juga di sebabkan oleh faktor lain.

5. Sakit pada area sinus
Ketika gusi kita mengalami bengkak dan bernanah maka akan berakibat sakit pada bagian pipi depan yang dekat dengan hidung.

6. Gusi memerah
Gusi akan memiliki warna yang lebih merah dari biasanya. Gusi akan berubah menjadi warna lebih merah. Gusi yang bernanah wajib di waspadai.

7. Gusi lunak
Jika gusi kita sedang bengkak dan bernanah maka perubahan warna gusi akan terlihat dan teksturnya pun akan berbeda. Gusi yang biasanya bertekstur keras, ketika gusi bengkak dan berdarah maka teksturnya akan menjadi lebih lunak. Gusi yang lunak menandakan ada nanah di dalamnya. Jika abses ini pecah maka nanah akan keluar dan warnanya akan berwarna kuning dan beraroma tidak sedap. Pada beberapa kasus terdapat abses yang tidak mau pecah, sehingga infeksi akan menyebar pada gusi yang lain dan organ lain. Infeksi juga akan menyebar pada kepala dan juga leher, jika hal ini sudah terjadi maka Anda harus segera memeriksakan diri ke medis karena ini bisa membahayakan keselamatan jiwa.

Perawatan Gusi Bengkak Bernanah Secara Medis

Pengobatan yang di lakukan bisa dengan obat dokter dan juga obat alami. Berikut ini akan kami jelaskan pengobatan dan perawatan yang bisa Anda lakukan.

Pada pengobatan medis, dokter akan mengeluarkan nanah dengan cara drainase atau sayatan ringan. Drainase akan di lakukan ketika infeksi masih terjadi pada gusi yang masih lunak dan dangkal. Akan tetapi kadang juga di temui infeksi pada jaringan yang lebih dalam sehingga dokter perlu melakukan pembersihan jaringan sampai akar gigi. Jika gusi bengkak dan bernanah di awali dari gigi yang berlubang maka dokter akan melakukan perawatan dari akar. Jika sakit sudah mereda maka akan di lakukan penambalan. Setelah itu dokter akan mencabut gigi dan membersihkan gigi yang sudah membusuk.

Cara Pengobatan Alami Gusi Bengkak Bernanah

1. Merawat gusi yang bengkak dengan lidah buaya
Lidah buaya sudah kita kenal sebagai obat alami yang sering di gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satunya aialah dapat kita gunakan sebagai penyembuh gusi bengkak yang bernanah. Lidah buaya memiliki karakter anti inflamasi sehingga bisa di gunakan untuk menyembuhkan gusi yang bernanah.
Siapkan lidah buaya lalu cucihingga bersih, ambil gel lidah buaya tersebut dan oleskan secara langsung pada gusi yang bengkak, pijat lembut pada gusi. Agar gel ini membunuh bakteri yang ada pad gusi , maka biarkan gel ini pada gusi selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lidah buaya juga bisa membuat nafas menjadi lebih segar karena dalam lidah buaya terdapat anti mikroba alami.

2. Merawat gusi yang bengkak dengan stroberry
Vitamin yang dapat kita gunakan untuk mengobati gusi yang bengkak adalah vitamin C. Stroberry dan lemon adalah salah satu buah yang banyak mengandung vitamin C. Buah ini dapat kita gunakan untuk merawat gusi yang bengkak dan bernanah.
Siapkan 5 buah stroberry segar, cuci hingga bersih dan blender sampai halus tanpa di tambah air. Lemon di peras airnya sampai 2 sendok makan. Campurkan pada stroberry tersebut. Aduk hingga rata. Oleskan pada gusi yang terinfeksi dan biarkan selama 10 menit. Bilas dengan berkumur menggunakan air bersih. Lakukan setiap hari agar masalah gusi dapat teratasi.

3. Merawat gusi yang bengkak dengan gambir
Perawatan alami lainnya ialah menggunakan gambir. Gambir dapat kita gunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan bernanah. Caranya ialah dengan menyiapkan 3 potong gambir, kunyit ½ jari dan air matang 2 gelas. Cuci kunyit dan bersihkan gambir.
Iris tipis – tipis gambir dan kunyit tersebut, lalu rebus ke dua bahan tersebut dengan air 2 gelas tadi. Rebus hingga mendidih, dan tersisa satu gelas saja. Dinginkan hingga hangat dan jadikan ramuan ini untuk berkumur sehari 3 kali, sampai sakit gusi yang di derita berangsur hilang.

4. Merawat gusi yang bengkak dengan hidrogen peroksida
Gusi yang bengka dan bernanah akan sangat efektif jika di sembuhkan dengan hidrogen peroksida, karena di dalam hidrogen peroksida terdapat sifat anti bakteri yang cukup besar. Penggunaan hidrogen peroksida ini tidak boleh melebihi 3 % karena jika melebihi akan ada efek sampingnya.

Caranya ialah dengan mencampur hidrogen peroksida dengan air dan di gunakan untuk berkumur. Setelahnya bilas hingga bersih dengan berkumur dengan air bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali agar gusi cepat sembuh. Anda juga bisa menggunakan campuran hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh baking soda dan aduk hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini sebagai pasta gigi ketika menggosok gigi. Lakukan gosok gigi secara perlahan dan benar agar nantinya tidak menimbulkan rasa ngilu pada gusi maupun gigi.

5. Merawat gusi yang bengkak dengan minyak cengkeh
Minyak cengkeh alami dapat kita gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Dalam pengaplikasiannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gusi yang bengkak dan terasa sakit. Lakukan sehari 3 kali sesudah makan. Lakukan secara rutin sampai gusi yang bengkak menjadi kempis.

6. Merawat gusi yang bengkak dengan berkumur air garam yang hangat
Obat alami selanjutnya untuk mengatasi gusi bengkak pada anak dan orang dewasa adalah air garam. Anda hanya cukup menyediakan air hangat segelas dan 1 sendok teh garam. Lalu campur air dan garam tersebut, jadikan obat kumur pada gusi yang terinfeksi. Lakukan sehari 2 kali agar gusi cepat sembuh.

7. Merawat gusi yang bengkak dengan lemon
Kandungan vit C pada lemon sangat bagus untuk mengobati gusi yang bengkak dan juga bernanah. Air dari lemon ini yang kita manfaatkan. Caranya ialah dengan memeras lemon dan air perasan lemon tersebut campurkan pada air hangat. Aduk dan jadikan oabt kumur alami. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gusi Bengkak Selepas Cabut Gigi


Kadang-kadang setelah mencabut gigi gusi kita bengakak maka bisa anda lakukan tips dibawah ini untuk mengatasinya dan mempercepat masa penyembuhan luka:

  1. Setelah pencabutan gigi, akan terbentuk gumpalan darah di lubang bekas gigi. Oleh karena itu diinstruksikan untuk tidak terlalu banyak berkumur, dan mengisap daerah bekas pencabutan untuk mencegah terjadinya pemecahan bekuan darah yang telah terbentuk.
  2. Hindari merokok karena merokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga dapat memperlambat penyembuhan.
  3. Hindari menyikat gigi segera pasca pencabutan, kebersihan daerah operasi dapat dijaga dengan sesekali berkumur menggunakan air hangat bergaram (1 sendok teh garam untuk 1 gelas air), berkumurlah dengan hati-hati/tanpa tekanan karena tekanan dapat menyebabkan lubang bekas operasi terbuka lagi dan terjadi pendarahan. Setelah 24 jam boleh menyikat gigi namun tanpa tekanan disekitar area yang dicabut.
  4. Konsumsi Makanan dan minuman yang bergizi karena makanan dan minuman yang sehat sangat penting untuk proses penyembuhan. Hindari minuman bersoda karena busanya diperkirakan dapat melepaskan gumpalan darah pada lubang operasi.
  5. Jika terjadi pembengkakan pada pipi, sebaiknya dikompres dengan air (suhu normal). Jika tidak ada pembengkakan, rahang dapat dikompres dengan kompres hangat, untuk menstimulasi peredaran darah dan dapat mempercepat penyembuhan.
  6. Biarkan kasa pada daerah bekas pencabutan gigi setidaknya setengah jam setelah pencabutan gigi.
  7. Jangan berkendara, kurangi aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.
  8. Bila diberi obat penahan sakit dan antibiotik, minumlah sesuai petunjuk dokter. Antibiotik harus dihabiskan walaupun gigi sudah tidak terasa sakit. Sebaliknya, obat penahan sakit dapat dihentikan bila sakit mereda. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat Sendiri Tanpa Ke Dokter Gigi.

Tips Terhindar Dari Penyakit Gusi Bengkak Bernanah

Agar terhindar dari penyakit gusi yang bengkak dan bernanah adalah dengan langkah pencegahan. Pencegahan yang dapat di lakukan untuk mengobati gusi bengkak dan bernanah adalah sebagai berikut.
  • Kunjungi dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali untuk memastikan gigi dan gusi dalam keadaan baik – baik saja.
  • Lakukan pembersihan pada gusi dan juga sela – sela gigi agar tidak ada sisa makanan yang menjdi penyebab munculnya bakteri penyebab gusi bengkak, bernanah dan juga terinfeksi.
  • Sistem daya tahan tubuh yang lemah akan menjadi pemicu munculnya masalah gigi. Jika Anda menderita penurunan sistem daya tahan tubuh dan mengkonsumsi berbagai obat maka konsultasikan hal ini pada dokter.
  • Jika ada gigi yang berlubang, maka segera periksakan ke dokter agar nantinya tidak menyebaar dan mengakibatkan munculnya penyakit gusi yang terinfeksi, bengkak lalu sakit dan berakhir pada gusi yang bernanah.
  • Gosok gigi rutin sehari 2 kali minimal yang Anda lakukan. Dengan rajin menggosok gigi maka bakteri tidak kaan mudah tumbuh pada gigi ataupun gusi, sehingga bakteri juga tidak akan mudah menyerang dan mengakibatkan masalah lainnya pada mulut.
Itulah artikel mengenai apa akibat dan obat gusi bengkak bernanah, sakit, dan infeksi secara alami yang dapat kami www.obatsakitgigialami.com sampaikan. Semoga menjadi bahan informasi bagi Anda dan nantinya Anda akan terhindar dari penyakit gusi yang bengkak. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: