Wednesday, 1 February 2017

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat Sendiri Tanpa Ke Dokter Gigi

Loading...
Cara-Cara menghilangkan karang gigi– Jika kita tdak rajin menggosok gigi maka akan muncul plak dan karang gigi. Plak dan karang gigi tidak bisa di bersihkan dengan hanya menggosok gigi. Karang gigi terbentuk karena adanya sisa makanan yang tidak di bersihkan pada gigi dan menempel kemudain akan mengeras dan menjadi kerak dan menempel erat dengan gigi. Skat ggi rutin merupakan hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan gigi. Sesudah makan dan sebelum tidur kalau bisa Anda rutin melakukan gosok gigi. Hal ini mencegah tumbuhnya karang gigi dan mengakibatkan munculnya kerak. Pada gigi terdapat celah sehingga terkadang terdapat sisa makanan yang berada pada sela gigi tersebut ketika kita mengunyah makanan.

Tips Bagaimana Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat Sendiri Tanpa Ke Dokter Gigi

Sikat gigi saja tidak bisa membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela gigi. Sikat gigi akan membersihkan gigi pada permukaan depan saja, pada bagian dalam tidak dapat di jangkau oleh sikat gigi. Air bisa meleawti celah dalam gigi tersebut, untuk itu gunakan obat kumur sebagai langkah terakhir dari sikat gigi Anda. Obat kumur akan membunuh bakteri yang ada pada sela gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Cepat Sendiri Tanpa Ke Dokter Gigi

Faktor Pemicu Plak dan Karang Gigi

Sebelum kita membahas cara menghilangkan karang gigi sendiri tanpa ke dokter, sebaiknya Anda kenali dulu penyebab dari terjadinya plak dan karang gigi, antara lain:
  1. Tidak rutinnya menggosok gigi setelah makan dan juga sebelum tidur malam. Hal ini akan menimbulkan sisa makanan tidak terangkat dengan sempurna.
  2. Sering mengkonsumsi makanan yang manis. Orang yang suka makanan yang manis maka memiliki resiko terserang karang gigi. Kurangi mengkonsumsi makanan seperti coklat, kue tart, kismis, permen dan makanan yang manis lainnya yang bersifat lengket pada gigi.
  3. Setelah makan biasakan untuk berkumur setelahnya, hal ini bisa membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela gigi.
  4. Berhentilah merokok, karena merokok dapat membuat terbentuknya karang gigi. Tembakau dan asap rokok bisa merubah warna gigi menjadi kekuningan.
Karang gigi yang muncul bisa merusak gigi Anda, selain itu juga bisa membuat penampilan menjadi kurang enak di pandang. Karang gigi yang sudah parah akan membuat munnculnya penyakit lain yang bisa membahayakan tubuh Anda. Karang gigi juga bisa membuat bau mulut menjadi kurang sedap dan yang paling parah adalah bisa memnimbulkan infeksi pada gusi dan juga bisa menjadi gangguan dari saluran pencernaan.

Bahan-Bahan Alami Untuk Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ke Dokter

Meski sulit di hilangkan, karang gigi juga dapat di bersihkan dengan cara alami. Bahan – bahannya pun bisa di dapat dari lingkungan sekitar dan biayanya pun murah. Berikut adalah Daftar cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat tanpa pergi ke dokter.

1. Cara Menghilangkan karang gigi dengan garam dan buah delima

Buah delima dapat kita manfaatkan untuk cara menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya ialah dengan menghancurkan buah delima sampai halus, lalu tambahkan garam secukupnya. Setelah itu tambahkan air hingga membentuk pasta. Pasta ini bisa Anda jadikan untuk pasta gigi seperti biasanya. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya.

2. Cara Menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan garam

Baking soda dapat kita gunakan untuk membersihkan plak yang masih baru bukan yang sudah berbentuk karang gigi. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda mencoba baking soda sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. cara membersihkan karang gigi dengan baking soda ini cukup mudah ialah dengan menuang sedikit baking soda pada sebuah mangkok dan beri sedikit garam dan air beberapa tetes. Campuran ini akan membentuk pasta. Pertama lakukan kumur – kumur dengan air biasa lalu pasta ini tempelkan pada gigi yang ada karang giginya. Gunakan sikat gigi untuk menggosoknya seperti biasa, setelah itu kumur lagi dengan air bersih. Cara lain adalah dengan menggunakan air yang di campur dengan baking soda lalu campur dengan air perasan lemon dan juga 4 sendok teh gliserol sayuran dan juga 1 sendok teh lidah buaya yang sudah di ambil gelnya. Campur semua bahan menjadi satu dan jadikan obat kumur sehari 2 kali. Lakukan secara rutin dan sabar dalam perawatannya karena membutuhkan waktu yang relatif lama.

3. Cara Menghilangkan karang gigi dengan tomat

Tomat banyak mengandung vit C yang bagus apabila di makan secara rutin, selain itu juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Cara menghilangkan karang gigi kuning dengan tomat ialah dengan membersihkan mulut terlebih dahulu dengaberkumur pakai air hangat, lalu gosokkan tomat pada gigi yang terdapat karang giginya, gosok secara perlahan dan merata. Lalu diamkan selama 10 menit agar terserap oleh gigi. Selanjutnya ialah dengan membilas dengan air hangat yang telah di campur baking soda. Lakukan secara rutin sehari sekali.

4. Cara Menghilangkan karang gigi dengan keju

Terdapat protein tinggi dalam keju yang biasanya di sajikan oleh para ibu bersama roti ketika sarapan pagi.keju dapat juga kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi. Tapi langkah menggunakan kejutidak semudah dan secepat menggunakan bahan alami lainnya. Dengan mengkonsumsi keju setiap sebelum makan maka keju akan bekerja menetralkan asam pada mulut. Sehingga bakteri tidak akan mudah berkembang.

5. Cara Menghilangkan karang gigi dengan minyak wijen

Minyak wijen dapat kita gunakan sebagai bahan untuk menurunkan tekanan darah tinggi,mencegah munculnya penyakit diabetes, memelihara kesehatan usus, merawat rambut, merawat kesehatan kulit dan juga menjaga kepadatan tulang. Selain itu minyak wijen juga dapat di gunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan berkumur dengan minyak wijen sehari satu kali. Bakteri juga akan mati dengan kita berkumur dengan wijen.

6. Cara Menghilangkan karang gigi hitam dengan siwak

Siwak yang sudah sejak dulu di pakai oleh orang pedesaan ternyata bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi. Kayu siwak ini aman di gunakan untuk gosok gigi. Caranya ialah dengan menggunakan pasta gigi seperti biasanya dan gunakan kayu siwak sebagai sikat giginya.

7. Cara Menghilangkan karang gigi dengan getah buah sukun

Indonesia memiliki banyak tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai macam penyakit, salah satunya ialah pohon sukun. Akan tetapi yang kita manfaatkan untuk cara menghilangkan karang gigi adalah getah dari buah sukun. Getah buah sukun akan menghilangkan plak gigi secara perlahan. Caranya ialah dengan mengoleskan getah buah sukun pada gigi yang mengandung karang gigi. Lalu diamkan beberapa saat agar meresap. Bilas menggunakan air bersih sampai bersih.

8. Cara Tradisional Menghilangkan karang gigi dengan biji asam kawak

Kita sering menggunakan biji asam kawak untuk menambah rasa sedap pada makanan. Tidak banyak yang tahu jika biji asam kawak dapat kita manfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya ialah cukup mudah yaitu dengan menyangrainya dan tumbuk hingga halus. Tumbukan tadi di oleskan pada gigi yang terdapat karang giginya dengan jari secara merata. Sikat menggunakan sikat gigi dan bilaslah dengan cara berkumur.

9. Cara Alami Menghilangkan karang gigi dengan cuka sari apel

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel di dapat dari sari pati buah apel. Caranya juga cukup mudah yaitu dengan merendam sikat gigi pada larutan cuka sari apel sebelum di gunakan untuk menggosok gigi. Gigi akan di bersihkan secara maksimal dengan kandungan asam pada cuka sari apel. Setelah di gosok menggunakan sikat gigi biarkan selama 5 menit baru kemudian di bilas. Jika langsung di bilas justru akan merusak enamel gigi.

10. Cara Ampuh Menghilangkan karang gigi dengan cengkeh

Cengkeh dapat kita gunakan untuk merawat gigi yang telah terdapat karang gigi tanpa harus ke dokter. Langkah ini mungkin tidak cocok jika di terapkan pada anak – anak. Karena langkahnya ialah dengan mengunyah cengkeh dengan daun sirih. Setelah itu bersihkan dengan berkumur – kumur. Selain itu cara menghilangkan karang gigi ini juga bisa membuat bau nafas menjadi segar.

11. Cara cepat Menghilangkan karang gigi dengan bata merah

Bata merah sering kita gunakan untuk bahan matrial bangunan rumah. Akan tetapi batu bata merah dapat kita gunakan untuk melawan karang gigi.caranya juga cukup mudah yaitu dengan menghaluskan bata merah sampai halus dan gosokkan menggunakan jari ke gigi secara perlahan dan merata. Untuk menghilangkan sisa dari bata merah , maka berkumurlah sampai bersih.

12. Cara Menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya

Masalah gigi yaitu karang gigi dan plak dapat di atasi dengan lidah buaya. Gel pada lidah buaya akan membunuh bakteri yang menjadi sebab munculnya plak. Siapkan lidah buaya dan cuci hingga bersih. Lalu ambil gelnya saja, gel tersebut gosokkan pada gigi yang terdapat karang giginya. Diamkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Kulit dari lidah buaya pun bisa di gunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi parah yang dimkasud yaitu dengan menggosokan kulit lidah buaya pada karang gigi dan diamkan selama 5 menit. Bilas hingga bersih, lakukan secara rutin sehari 2 kali selama seminggu dan lihat hasilnya.

13. Cara Menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk

Kandungan vitamim C pada kulit jeruk sangat bagus untuk merawat gigi Anda. Caranya ialah dengan menggosokkan kulit jeruk oada karang gigi secara merata dan perlahan. Lakukan secara berulang sehari dua kali. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Hitam Dan Kuning Tebal Sudah Mengeras.

Tips Agar Karang Gigi Tidak Muncul Kembali

Di samping cara menghilangkan karang gigi sudah mengeras yang telah disebutkan di atas, untuk mendukungnya maka Anda bisa mencegah agar tidak muncul karang gigi yang berkelanjutan dan semakin parah. Berikut ini tips agar karang gigi tidak muncul lagi.
  • Ketika kita makan, perhatikan suhu makanan dan minuman tersebut. Jangan makan dan minum makanana yang terlalu panas dan terlalu dingin, karena makanan ini dapat merusak email gigi.
  • Usahakan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung anti plak
  • Setelah gosok gigi Anda bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan sisa makanan yang terdapat pada sela gigi
  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis
  • Kurangi minuman yang banyak mengandung kafein
  • Secara rutin periksakan gigi ke dikter gigi minimal 6 bulan sekali
Demikian beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan cepat sendiri tanpa ke dokter yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Jaga selalu kesehatan dan kebersihan gigi agar nantinya Anda terhindar dari berbagai masalah gigi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih dari kami www.obatsakitgigialami.com.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: