Thursday, 2 February 2017

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang Secara Alami Paling Ampuh

Loading...
Cara Cara mengatasi gusi bengkak- Gusi yang bengkak selain disebabkan oleh gigi yang berlubang juga bisa disebabkan oleh banyak faktor lainnya. Jika anda mengalami gusi bengkak segera obati sebab jika dibiarkan terlalu lama pada kondisi gusi bengkak parah dapat mengakibatkan infeksi. Kondisi umum yang biasa terlihat jika gusi bengkak ialah gusi berubah menjadi menonjol dan menggelembung di bawah gigi. Bahkan pada beberapa kasus gusi bengkak parah, gusi yang menggelembung mampu menyembunyikan gigi anda.

Tips Cara Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang Secara Alami Paling Ampuh

Peran gusi sangat penting terhadap kesehatan mulut seseorang. Gusi merupakan jaringan lunak yan bersifat kokoh dan umumnya berwarna pink karena terdapat banyak pembuluh darah berukuran kecil dan rapat didalamnya, Gusi juga membungkus tulang rahang atas dan bawah serta menempel pada bagian bawah gigi. Sehingga apa yang terjadi pada gigi anda bisa berdampak pada gusi. Gusi bengkak berarti pada gusi tersebut sedang terjadi peradangan atau inflamasi sehingga berwarna lebih merah dari sekitarnya (gusi yang sehat), gusi jadi lebih menonjol, terkadang terlihat kekuningan diujungnya sebagai tanda adanya nanah.

Seseorang yang mengalami gusi yang bengkak menjadi lebih sensitif dan biasanya terasa sangat sakit bahkan terasa berdenyut seperti mau meledak saat disentuh. Tak jarang hal ini disertai dengan bau mulut. Gusi bengkak juga bisa berdarah saat menggosok gigi dan anda tak sengaja menyentuh gusinya. Adapula kasus bengkak parahnya sampai pipi wajah, sehingga wajahnya menjadi tidak simetris untuk itulah anda memerlukan cara mengatasi gusi bengkak jika tak ingin berobat ke dokter gigi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang Secara Alami Paling Ampuh

Penyebab gusi bengkak

Faktor lain penyebab gusi bengkak selain gigi berlubang ialah,

1. Kebersihan mulut
Salah satu penyebab utama gusi bengkak ialah kebersihan mulu yang sangat buruk. Kebersihan mulut yang buruk ialah anda tidak melakukan rutinitas menyikat gigi anda secara teratur dan tidak terlalu peduli dengan kesehatan gigi anda. Sehingga menyebabkan menumpuknya sisa makanan pada sela-sela gusi dan gigi. Pada akhirnya sisa makanan ini akan memudahkan bakteri dalam berkembang biak dan menyebabkan gusi bengkak.
Dalam beberapa kasus ada yang sudah menjaga kebersihan gigi tapi masih mengalami gusi bengkak, kemungkinan anda tidak memakai sikat gigi yang tepat dan terlalu keras bagi gigi ada. Untuk gusi yang sensitif itu gunakanlah sikat gigi dengan bulu lembut dan dapat membersihkan sisa makanan hingga ke sela-sela gigi agar anda tidak membutuhkan cara mengatasi gusi bengkak.

2. Kawat gigi atau behel
Terkadang kawat gigi atau behel yang dipasang terlalu ketat menempel dengan gusi dapat menyebabkan gusi bengkak. hal ini disebabkan oleh timbulnya iritasi secara terus-menerus pada gusi hingga akhirnya gusi akan mengalami peradangan dan bengkak.

3. Gingivitis
Gingivitis atau radang gusi adalah penyebab terjadinya gusi sering bengkak. Gingivitis merupakan penyakit gusi yang menyebabkan gusi anda menjadi iritasi sehingga membengkak. Banyak orang mengalami gingivitis di dunia ini, namun banyak juga yang tidak menyadarinya karena gejalanya terlihat ringan dan biasa saja. Dan jika kondisi ini terus dibiarkan atau tidak diobati, gusi bengkak akibat gingivitis tersebut akhirnya dapat menyebabkan anda kehilangan gigi.

Penyebab anda terserang Gingivitis ialah di mulai dengan kebersihan mulut yang buruk, yang memungkinkan plak menumpuk pada garis antara perbatasan gusi dan gigi. Plak adalah lapisan yang terdiri dari bakteri dan beberapa sisa makanan yang menempel pada gigi dalam jangka waktu lama. Jika plak tetap pada gigi selama lebih dari beberapa hari, akan menjadi karang gigi. Karang gigi lebih sulit dibersihkan daripada plak yang menempel dan biasanya tidak dapat dihilangkan hanya dengan cara flossing atau menyikat gigi saja. Karang gigi dapat menyerang gusi dengan menusuk-nusuk gusi tersebut sehingga menyebabkan radang gusi kemudian membengkak dan parah.

4. Kehamilan
Gusi bengkak juga dapat terjadi selama kehamilan. Hormon tubuh selama kehamilan dapat meningkatkan aliran darah pada bagian gusi. Peningkatan aliran darah dapat menyebabkan gusi menjadi lebih mudah teriritasi dan kemudian menyebabkan gusi anda bengkak. Perubahan hormonal ini juga dapat menghambat kemampuan tubuh anda sendiri dalam melawan bakteri yang biasanya menyebabkan infeksi pada gusi. Sehingga hal ini dapat meningkatkan risiko terkena gingivitis pada gusi anda.

Kumpulan Cara mengatasi gusi bengkak anda dirumah

Lalu apakan ada cara untuk mengatasi gusi bengkak anda saat dirumah secara alami? Tentu saja ada banyak solusi yang bisa dijadikan sebagai cara mengatasi gusi bengkak . Langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gusi bengkak, ialah dengan:

  • Sikatlah gigi anda dan flossing dengan lembut, sehingga tidak mengiritasi gusi anda. Ini merupakan solusi mudah dan terbukti efekti sebagai cara mengatasi gusi bengkak dan sakit.
  • Cobalah berkumur dengan larutan air garam yang asin untuk membersihkan gigi, gusi, dan rongga mulut dari bakteri untuk mengatasi gusi bengkak selanjutnya. Dapat anda lakukan setelah menyikat gigi disaat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur.
  • Minum banyak air putih untuk membantu menyiram mulut anda dari bakteri. Air juga dapat membantu merangsang produksi air liur, yang berperan membunuh bakteri penyebab gusi bengkak.
  • Hindari iritasi pada gusi, termasuk dengan menggunakan obat kumur yang keras, meminum alkohol, dan tembakau (merokok).
  • Tempatkan kompres hangat di wajah (pipi pada gusi yang bengkak) untuk mengurangi rasa sakit pada gusi juga bisa anda lakukan sebagai lanjutan dari cara mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi berlubang setelah menyikat gigi dan berkumur dengan air garam. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Obat Untuk Gusi Bengkak Dan Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Selain dengan cara mengatasi gusi bengkak nyeri diatas anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobatinya. Berikut beberapa bahan alami yang bisa anda gunakan:

1) Bawang merah
Bawang merah mempunyai zat anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang pada gusi, sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang menyerang anda. Meskipun belum ada penelitian yang mengkonfirmasi hal ini, namun cara mengatasi gusi bengkak meradang satu ini telah dibuktikan oleh sebagian orang dan terbukti ampuh. Untuk hasil terbaik pada ramuan tambahkan dengan garam pada bawang merah yang telah dihaluskan sebelumnya. Kemudian oleskan secara merata pada bagian gusi anda yang bengkak. Diamkan hingga ramuan anda meresap selama 5 menit atau lebih, lalu berkumurlah dengan air hangat.

2) Baking soda
Beberapa penelitian telah membuktikkan baking soda dapat menetralisir asam yang ada pada mulut anda. Sehingga menggunakan baking soda sebagai cara mengatasi gusi bengkak dan sariawan telah terbukti ampuh. Caranya dengan melarutkan baking soda secukupnya kedalam air hangat hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pada bagian gusi yang bengkak dan diamkan selama 5 menit agar meresap. Jika sudah berkumurlah dengan air hangat.

3) Kantung teh
Asam tannic yang terdapat dalam kantung teh memiliki potensi besar untuk meringankan gejala yang disebabkan oleh infeksi dan iritasi pada gusi hingga menyebabkan pembengkakan. Cara penggunaannya dengan celupkan kantong teh kedalam air panas, angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, tempelkan kantung teh tersebut pada gusi dan diamkan selama 5 menit atau lebih. Lakukan hal berulang hingga dirasa gusi anda telah membaik dan terbebas dari rasa nyeri dan nyut-nyutan.


Itulah beberapa tips langkah-langkah dan cara mengatasi gusi bengkak tradisional akibat gigi berlubang atau penyebab dari faktor lain. Sekian dari kami www.obatsakitgigialami.com, Semoga bermanfaat.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: