Wednesday, 1 February 2017

Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Hitam Dan Kuning Tebal Sudah Mengeras

Loading...
Tips Cara membersihkan karang gigi – Plak gigi yang menumpuk dan menempel pada gigi dalam waktu yang lama dan akan mengeras merupakan pengertian dari karang gigi. Sebetulnya dengan kita rajin menggosok gigi 2 kali sehari plak gigi akan dapat kita hindari.plak gigi akan mengeras dan membentuk karang gigi ketika kita malas untuk membersihkan gigi. Setelah kita makan dan kita tidak membersihkannya dengan gosok gigi atau berkumur maka 24 jam dari kita makan plak gigi akan terbentuk. Plak gigi akan menyerap kalsium dan juga fosfor yang ada pada air liur kita. Sehingga plak gigi akan mengeras dan sulit untuk di bersihkan. Hal inilah yang memunculkan kalkulus atau karang gigi. Karang gigi untuk perawatannya membutuhkan penanganan dokter, jika tidak di obati karang gigi akan membuat gusi dan gigi mengalami inflamasi dan juga akan menyebabr menjadi sebab penyakit jantung.

Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Hitam Dan Kuning Tebal Sudah Mengeras

Perlu diketahui sebelum kita ke pokok bahasan maka alangkah baiknya jika kita ketahuo apa saja factor yang menyebabkankan karang gigi pada gigi.


Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Hitam Dan Kuning Tebal Sudah Mengeras

Penyebab karang gigi

Karang gigi yang tidak dibersihkan akan mengakibatkan gigi menjadi hitam, kuning dan mengeras. Dan jika di pandang akan tidak mengenakkan. Gigi yang kita jaga kebersihannya lambat laun akan berubah warnanya, bahkan akan menjadi hitam. Sebelum kita membahas cara membersihkan karang gigi, berikut ini adalah penyebab dari karang gigi yang menjadikan gigi hitam.

1. Kesehatan gigi yang buruk
Saat ini kesehatan dan kebersihan gigi harus selalu di jaga agar kita terhindar dari masalah yang ada pada mulut. Jika kita malas membersihkan gigi dan menggosok gigi maka gigi akan mengalami masalah gigi seperti sakit gigi dan gigi berlubang. Selain itu plak yang menumpuk akan mengeras dan membentuk karang gigi. Karang gigi lambat laun akan mengakibatkan gigi menjadi hitam. Kurang sadarnya kita mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali juga menjadi penyebab masalah pada gigi.

2. Karies
Setelah makan, terdapat sisa – sisa makanan yang terdapat pada sela – sela gigi jika tidak di bersihkan. Ini akan menjadi tempat tumbuh kembang bakteri. Bakteri akan mengubah warna gigi menjadi coklat. Lambat laun akan mengubah struktur gigi dan menjadikan gigi menghitam. Jika tidak di lakukan cara membersihkan karang gigi maka karies akan menjadi dentin dan pulpa.

3. Kebiasaan buruk
Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang mengakibatkan munculnya karang gigi dan membuat gigi menjadi hitam. Merokok juga bisa mengakibatkan kanker mulut. Berhentilah merokok dan jagalah selalu kesehatan gigi agar terhindar dari karang gigi yang menyebabkan gigi menjadi hitam.

A. Cara membersihkan karang gigi dengan bantuan medis

Pembersihan karang gigi agar tidak menjadi berubah semakin parah maka dapat di alkukan cara dengan scale. Scale sendiri merupakan pembersihan yang di lakukan pada bagian putih gigi dan juga perbatasan gigi dan sampai akar gigi. Akan tetapi sebelum menerapkan cara membersihkan karang gigi menggunakan scale ini, Anda harus mengkonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai riwayat kondisi kesehatan tubuh Anda. Hal ini akan menjadi pertimbangan dalam pemberian antibiotik yang akan di berikan.

Orang yang sudah pernah melakukan operasi katup jantung maka akan beresiko terkena infeksi yang lebih parah. Untuk itu harus di berikan antibiotik sebelum dan sesudah perawatan ini. Selanjutnya dokter akan memberikan anestesi lokal yang berguna untuk mengurangi rasa sakit ketika proses pembersihan karang gigi, lalu menggunakan alat tertentu yang biasanya menggunakan alat ultrasonik dan juga pembersih manual.

1. Cara Membersihkan karang gigi dengan alat ultrasonik
Alat ini bekerja dengan memanfaatkan getaran ultrasonik dan pada ujungnya sedikit runcing yang gunanya untuk memecah karang gigi yang berada pada daerah yang sulit di jangkau yaitu karang gigi yang terdapat pada bagian bawah gusi. Alat ini akan bekerja dengan mengeluarkan gelembung – gelembung yang berguna untuk melawan bakteri anaerob ayitu bakteri yang hanya bisa tumbuh dalamkeadaan tidak ada udara. Bakteri ini tinggal di sela – sela gigi dan gusi. Alat ini bisa membersihkan karang gigi secara maksimal. Ujung runcing pada alat ini akan memecah karang gigi. Ujung dari alat ini akan mengeluarkan air yang berguna untuk menekan rasa panas yang di timbulkan akibat dari gesekan alat dan juga gigi. Air ini juga akan tetap menjaga agar gigi tetap steril dan juga membersihkan karang gigi yang sudah pecah.

2. Cara Membersihkan karang gigi dengan alat pembersih manual
Atau biasa di sebut scaler manual atau hand instrument. Cara membersihkan karang gigi tebal menggunakan scaler manual ini akan mengoreksi dan memeriksa hasil dari kinerja ultrasonic scaler.
Setelah cara membersihkan karang gigi kuning ini selesai maka dokter akan memberikan antibiotik untuk mengurangi resiko infeksi. Antibiotik akan di suntikkan pada bagian antara gigi dan gusi. Proses polish juga bisa Anda terapkan untuk menunjang kebersihan gigi. Polish di lakukan dengan maksud untuk noda atau bekas karang gigi yang telah di bersihkan. Pada kasus karang gigi yang sudah parah, proses pembersihan karang gigi menggunakan cara seperti di atas mungkin membutuhkan 2 sampai 3 kali dalam proses pembersihannya. Scale ini bertujuan untuk mengurangi resiko yang di timbulkan akibat karang gigi yang semakin parah dan dapat menyebabkan gingivitis atau infeksi gusi.

Biaya pembersihan karang gigi

Biaya dari pembersihan karang gigi menggunakan scale ialah bervariatif, akan tetapi pada umumnya biayanya antara Rp. 200.000 – Rp. 800.000. Ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu berapa biaya yang harus di keluarkan ketika akan menerapkan cara membersihkan karang gigi di dokter. Agar nantinya kuta bisa mengestimasi biaya yang harus di siapkan.

Efek samping membersihkan karang gigi dengan bantuan medis

Karang gigi yang di bersihkan akan membuat gigi menjadi putih dan bersih kembali selain itu pembersihan karang gigi juga bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Akan tetapi pembersihan karang gigi juga akan memiliki efek samping. Karang gigi adalah plak yang menumpuk yang menjadi keras dan tidak bisa di hilangkan dengan cara gosok gigi saja. Karang gigi dapat di bersihkan dan di lakukan dengan tindakan medis. Lama dan tidaknya pembersihan karang gigi tergantung dari seberapa banyak karang gigi yang ada pada gigi Anda. Efek samping yang di timbulkan setelah pembersihan karang gigi adalah munculnya rasa ngilu pada gigi.

Penyebab gigi ngilu setelah pembersihan karang gigi adalah karang gigi yang mulai hilang di gigi yang pada mulanya menutupi permukaan gigi. Gigi tidak akan merasakan panas dan dingin ketika gigi tertutup oleh karang gigi. Karang gigi yang di bersihkan akan terlihat lapisan dentinnya, di mana gigi akan berubbah menjadi sensitif apabila kita memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Rasa ngilu akan muncul setelah kita menerapkan cara membersihkan karang gigi. Untuk itu kita harus rajin dan rutin menggosok gigi dan gunakan obat kumur setelahnya. Jika ini di lakukan secara rutin maka ngilu akan perlahan hilang. Gunakanlah pasta gigi khusus untuk mengobati rasa ngilu ini dan kurangi makanan yang terlalu panas dan dingin agar rasangilu tidak akan semakin parah dan muncul kembali. Baca juga artikel kesehatan lainnya: Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dengan Cepat dan Alami Tanpa Obat Kimia.

B. Tips Membersihkan karang gigi yang hitam dan kuning tebal dengan alami

Namun jika anda tidak memiliki banyak uang dan melihat resiko yang diakibatkan membersihkan karang gigi dengan cara medis, amka Anda bisa merawat karang gigi dengan membersihkan karang gigi secara alami. Selain murah membersihkan dengan bahan alamiakan minim sekali bahaya dan resiko setelahnya. Berikut ini ada beberapa cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras secara tradisional yang dapat Anda coba di rumah. Berikut ulasannya.

1. Membersihkan karang gigi dengan stroberri
Kandungan vitamin pada buah stroberri bisa kita manfaatkan sebagai cara membersihkan karang gigi secara alami. Siapkan buah stroberri segar dan buah tomat. Lali tumbuk hingga halus. Oleskan pada gigi yang terdapat karang giginya. Biarkan selama 5 menit dan bilas menggunakn air hangat ayang dicampur baking soda. Hal ini akan membunuh bakteri yang ada pada gigi dan gusi. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal dan karang gigi cepat hilang. Membutuhkan waktu lama dalam perawatan menggunakan bahan alami ini.

2. Membersihkan karang gigi dengan buah sukun
Cara membersihkan karang gigi dengan cepat sekali selanjutnya ialah dengan menggunakan getah buah sukun. Di Indonesia terdapat beragam tanaman yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan juga menjaga kesehatan tubuh. Getah buah sukun adalah salah satunya. Anda cukup mengoleskan getah sukun pada bagian gigi yang terdapat karang gigi, lalu biarkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih sesudahnya. Mudah sekali bukan ?

3. Membersihkan karang gigi dengan siwak
Kayu siwak bisa kita jadikan sebagai cara membersihkan karang gigi kuning secara alami. Kayu siwak ini sering di gunakan untuk membersihkan gigi oleh masyarakat yang tinggal di derah pedalaman atau pelosok desa. Akan tetapi tidak di pungkiri siwak juga di gunakan oleh masyarakat di daerah perkotaan. Tidak banyak yang tahu bahwa kayusiwak ini bisa kita jadikan sebagai alat untuk membersihkan gigi termasuk juga untuk membersihkan karang gigi. Kayu ini aman di gunakan dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak. Akan tetapi membutuhkan waktu yang relatif lama berbeda dengan menggunakan scale yang terbilang langsung terlihat hasilnya. Caranya pun terbilang cukup mudah. Anda tetap menggunakan pasta gigi untuk menggosok gigi akan tetapi tidak menggunakan sikat gigi, tetapi menggunakan siwak. Atau juga bisa mengikat serat kayu siwak pada gigi Anda dan gunakan pasta gigi seperti biasanya. Cara ini aman di gunakan.

Demikian artikel mengenai cara membersihkan karang gigi yang hitam dan kuning tebal sudah mengeras yang dapat kami sampaikan. Langkah pencegahan merupakan langkah terbaik daripada mengobati. Anda bisa menghindari masalah gigi dengan rajin menggosok gigi dan berkumur agar kesehatan dan kebersihan gigi terjaga. Dengan menjaga kebersihan gigi maka plak yang ada tidak akan menjadi karang gigi yang menjadi masalah pada gigi. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat. Dan jaga selalu kesehatan dan kebersihan gigi secara rutin dan teratur agar nantinya Anda terhindar dari semua penyakit gigi. Sekian dari kami www.obatsakitgigialami.com dan terima kasih.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: