Friday, 9 June 2017

Cara Membersihkan Gigi Kuning Berkarat Pada Anak Balita Secara Alami

Cara membersihkan gigi kuning alami- Gigi yang menjadi kuning sebenarnya tidak bawaan dari lahir. Ketika tumbuh gigi pertama, gigi memiliki warna putih. Namun tidak jarang saat ini mudah sekali ditemui gigi yang berubah warna pada umur di masa balita. Padahal massa balita adalah massa lucu bagi anak, biasanya dengan anak tertawa akan membuat orang sekitar menjadi terhibur. Apalagi jika anak memiliki gigi yang putih bersih, tentu akan semakin menggemaskan. Nah bagi orang tua memiliki tugas untuk membantu anak menjaga kesehatan giginya agar tetap putih, bersih, dan juga sehat.

Cara-Cara Membersihkan Gigi Kuning Berkarat Pada Anak Balita Secara Alami

Ada beberapa penyebab yang bisa menimbulkan gigi anak yang awalnya putih berubah menjadi kuning.

Cara Membersihkan Gigi Kuning Berkarat Pada Anak Balita Secara Alami

Penyebab gigi anak berubah menjadi kuning

1. Penyebab pertama ini biasanya dikarenakan kebiasaan buruk yang dimiliki anak, yaitu jarang menggosok gigi. Bagi orang tua yang ingin tahu cara membersihkan gigi kuning pada balita yang paling dasar adalah membiasakan anak untuk menggosok gigi dari sedini mungkin. Gunakan pasta gigi yang memang khusus untuk anak. Selain itu ajarkan pada anak cara menggosok gigi yang benar. Jika anak jarang gosok gigi maka sisa makanan pada gigi akan menjadi plak dan membuat gigi menjadi berubah warna. Perubahan warna ini tidak secara langsung namun bertahap, untuk itu anda harus lebih perhatian pada kebiasaan – kebiasaan kecil anak.

2. Sudah mengajarkan anak kebiasaan untuk menggosok gigi, namun tetap saja gigi anak berwarna kuning? Hal ini bisa disebabkan oleh email gigi anak yang lemah. Email gigi yang lemah ini dapat menimbulkan perubahan warna pada gigi. Penyebab ini biasanya dikarenakan faktor keturunan, untuk itu anda bisa membawa anak pada dokter gigi agar tahu apakah anak memiliki email gigi yang kuat ataukah kerena penyebab yang lainnya. Jika karena faktor keturunan biasanya orang tua juga dapat mengalami perubahan gigi pada anak.
3. Jika anak sering sakit kemudian sering diberikan obat – obatan yang memiliki bahan kimia bisa juga memberikan efek samping buruk yaitu perubahan warna pada gigi menjadi warna kuning. Jika anak sakit sebaiknya ibu memberikan obat – obatan yang tidak memiliki efek samping yang terlalu merugikan anak. Hal ini bisa ibu konsultasikan dengan dokter agar tetap bisa menjaga kesehatan gigi anak. Biasanya obat yang memiliki kandungan zat besi ini akan membuat anak memiliki perubahan warna pada gigi dengan cepat. Selain itu ketika ibu mengandung kemudian mengkonsumsi beberapa antibiotic juga bisa menyebabkan kerusakan gigi pada anak ketika sudah lahir. Cara membersihkan gigi kuning pada anak memang bisa dilakukan namun sebaiknya menggunakan pencegahan akan lebih baik.

4. Terlalu banyak fluoride pada anak juga bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi. Hal ini yang sering tidak disadari oleh para orang tua, biasanya orang tua akan membuatkan susu anak dengan menggunakan air yang mengandung fluoride yang sangat tinggi. Jika hal ini terus dilakukan maka akan memberikan perubahan warna gigi lebih cepat. Tidak hanya menyebabkan perubahan warna tetapi juga bisa membuat gigi anak rusak. Berawal dengan adanya perubahan gigi yang samar – samar, kemudian gigi berubah menjadi bergaris dan ada tandanya setelah itu bisa saja merusak gigi. Para orang tua dapat menggunakan air yang tidak ada kandungan fluoride untuk membuat susu anak agar lebih aman.

5. Jika perubahan warna gigi anak terlalu cepat bisa jadi itu salah satu ciri – ciri dari beberapa penyakit yang berbahaya. Periksakanlah pada dokter gigi apa penyebab dari gigi yang berwarna kuning pada anak anda. Hepatitis dan juga penyakit jantung bisa juga menyebabkan perubahan gigi pada anak. Agar tidak ada hal buruk yang diinginkan anda bisa mencoba untuk memberikan beberapa cara membersihkan gigi kuning pada anak, jika memang berhasil maka bisa saja penyebab dari penyakit lain tidak terjadi pada anak anda. Baca juga artikel kesehatan gigi lainnya: Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Mengeras Membandel Dan Sudah Parah Sekali.

Gigi kuning pada anak bukan berarti tidak bisa dihilangkan, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghilangkan gigi anak. Namun pastikan bahwa cara tersebut aman untuk digunakan.

Tips Cara memutihkan gigi kuning pada anak balita Yang Efektif dan Aman

1. Gunakan susu dan air putih
Pada usia balit biasanya anak hanya sering minum dan jarang makan. Untuk itu anda harus menggunakan minuman yang tepat untuk anak anda agar tidak ada perubahan warna pada gigi anak. Cara membersihkan gigi kuning pada anak 1 tahun bisa dengan mulai memberikan minuman yang khusus misalnya hanya susu dan air putih saja. Anda bisa memberikan anak susu atau air putih, jangan memberikan minuman yang lainnya seperti teh dan lain sebagainya. Hal tersebut akan membuat gigi anak berubah warna dengan cepat.

2. Hindari jus dalam kemasan
Jus memang menjadi minuman yang sehat untuk anak sebab terbuat dari beberapa bahan yang alami. Sebenarnya anda tidak perlu memberikan jus pada anak, memakan buah atau sayuran tanpa digunakan sebagai jus akan jauh lebih baik. Namun jika terpaksa harus memberikan jus pada anak maka anda bisa membuat jus sendiri tanpa harus membeli jus yang ada dalam kemasan. Memberikan jus pada jam – jam tertentu juga mempengaruhi, sebagai salah satu cara membersihkan gigi kuning pada bayi jangan memberikan jus terlalu sering. Anda bisa memberikan jus pada saat jam makan anak saja dan jangan terlalu banyak menambahkan gula pada jus anak.

3. Minum air putih ketika akan tidur

Sebaik – baiknya minuman adalah air putih, hal ini berlaku untuk semua umur tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak – anak. Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, anda bisa membiasakan anak anda untuk minum air putih tanpa campuran gula atau apapun. Berikan air putih ketika anak anda akan tidur sebagai cara membersihkan gigi kuning pada balita. Bahkan memberikan susu formula pada anak ketika akan tidur juga dapat menyebabkan gigi anak berubah warna dengan cepat. Air putih tidak akan merusak gigi, justru akan membantu membunuh kuman dan membersihkan gigi dari plak.

4. Perhatikan tabel makanan

Jika anak anda menggunakan susu formula dalam kemasan atau bubur dalam kemasan maka anda bisa melihat tabel nilai gizi yang ada di kemasan. Memberikan anak minuman atau makanan dalam kemasan akan membuat gigi anak menjadi berubah warna. Kandungan seperti laktosa, glukosa, sukrosa dapat membuat gigi berubah warna. Untuk itu dari pada beli makanan atau minuman dalam kemasan anda bisa membuatnya sendiri untuk anak, hal ini dilakukan dalam upaya cara membersihkan gigi kuning.

5. Jangan menambahkan gula

Untuk makanan atau minuman anak sebisa mungkin jangan menambahkan gula. Sebab gula juga bisa memberikan dampak perubahan warna gigi lebih cepat. Sekalipun nanti rasanya tidak manis ini akan menjadi kebiasaan untuk anak agar tidak merusak gigi.

Itulah beberapa informasi mengenai cara membersihkan gigi kuning. Sekian dari OSGA, Semoga bermanfaat.
Latest
Next Post

0 komentar: