Thursday, 24 November 2016

Sebab/Penyebab Gigi Sakit Tapi Tidak Berlubang Dan Bolong Serta Akibatnya

Loading...
Banyak orang yang mengatakan jika sakit gigi merupakan sakit yang paling menyiksa. meskipun bukan termasuk penyakit akut atau mematikan, namun rasa sakit yang di timbulkan seakan membuat penderitanya tak henti merasa menderita.

Sakit gigi ini dapat di sebabkan karena berbagai hal, mulai dari hal kecil yang sering anda alami hingga hal-hal yang tidak anda sadar bahwa hal itu ternyata dapat menjadi penyebab gigi sakit.

Sebab/Penyebab Gigi Sakit Tapi Tidak Berlubang Dan Bolong Serta Akibatnya


Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab-penyebab gigi sakit yang mungkin terjadi pada anda beserta akibatnya :

Sebab/Penyebab Gigi Sakit Tapi Tidak Berlubang Dan Bolong Serta Akibatnya

1. Gigi rusak
Gigi yang rusak merupakan penyebab yang paling sering di jumpai. Kerusakan gigi dapat terjadi akibat adanya lubang yang menembus email gigi hingga mencapai bagian dalam gigi yang membuat gigi menjadi begitu sensitif.
Kerusakan gigi semacam ini sering kali di sebut dengan gigi berlubang. Jika gigi berlubang ini di biarkan saja maka dapat mengakibatkan infeksi bahkan mematikan jaringan pulpa.

2. Gusi radang
Penyebab gigi sakit Tidak Berlubang berikutnya adalah gusi radang. Gusi radang ini di tandai dengan warna gusi yang memerah, bengkak, bahkan bisa sampai berdarah. Hal ini membuat gusi menjadi infeksi dan mempengaruhi kekuatan gigi khususnya gigi yang berada tepat di atas gusi yang radang tersebut.
Meskipun bagian gusi yang mengalami masalah, namun akibat dari radang gusi ini juga sekaligus menjadi masalah pada kesehatan mulut secara keseluruhan.

3. Erosi gigi
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa ada hal-hal yang mungkin tidak anda sadari bahwa hal tersebut dapat menjadi sebab gigi sakit. Salah satunya yaitu cara menggosok gigi yang salah.
Cara menggosok gigi yang salah ini dapat menyebabkan erosi pada gigi, lebih tepatnya pada gigi bagian bawah. Sedangkan erosi gigi ini menyebabkan gigi menjadi sangat sensitive dan mudah merasakan sakit.
Tidak hanya itu, makanan dan minuman yang memiliki kadar asam tinggi juga dapat membuat erosi gigi semakin parah.
4. Gigi miring
Gigi miring bisa menjadi penyebab gigi sakit ketika di gunakan untuk mengunyah. Kenapa bisa begitu? Karena ketika anda memiliki gigi yang miring dan di gunakan untuk mengunyah, maka akan ada tekanan yang tidak merata. Dan hal inilah yang memicu adanya rasa sakit pada gigi anda.

5. Benturan pada gigi
Penyebab gigi sakit berikutnya sering kali di sebut sebagai trauma gigi. Ya, gigi yang pernah mengalami benturan dengan benda lain yang lebih keras akan mengalami semacam trauma.
Namun trauma ini biasanya akan terjadi ketika benturan tersebut hingga menyebabkan patahan pada gigi atau gigi menjadi bergoyang. Akibat dari benturan pada gigi ini adalah gigi yang menjadi sangat rentan terhadap rasa sakit serta rasa sakit yang luar biasa seketika benturan tersebut terjadi.

6. Tumbuh gigi bungsu
Gigi bungsu atau yang sering di sebut dengan gigi graham bisa tumbuh kapan saja, bahkan ketika seseorang sudah beranjak dewasa atau setengah baya. Ketika gigi graham ini mulai tumbuh, maka rasa gigi sakit akan begitu terasa.
Hal ini karena gigi graham mencoba untuk tumbuh di antara gig lain, sedangkan ruangan yang tersedia tidak cukup. Jika begitu maka gigi-gigi yang berada di sekitarnya akan merasakan tekanan dan merasakan sakit luar biasa.

7. Perawatan ortodontik
Trend penggunaan kawat gigi mungkin saat ini sedang sangat booming, tidak hanya untuk membenahi susunan gigi yang kurang rapi. Namun banyak juga yang menggunakan kawat gigi atau melakukan perawatan ortodontik hanya untuk keperluan penampilan saja.
Saat pertama melakukan perawatan ortodontik biasanya gigi akan menjadi sakit karena belum terbiasa dengan benda asing yang menempel dengan erat di gigi. Selain itu, jika perawatan ortodontik ini tidak di lakukan dengan baik dan tepat, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang berkepanjangan.

8. Kondisi bruxism
Kondisi bruxism adalah suatu kondisi dimana anda melakukan gerakan pergeseran gigi secara bolak-balik, menggertakan gigi secara berkala dan hal itu di lakukan tanpa sadar.
Jika hal ini di lakukan terus menerus dan dalam jangka waktu panjang, maka dapat menjadi penyebab gigi sakit yang cukup intens. Tidak hanya itu, akibat dari kondisi bruxism juga bisa berpengaruh pada otot serta sendi khususnya yang masih berdekatan dan berhubungan dengan area mulut.

9. Nueralgia trigeminal
Nueralgia trigeminal adalah suatu kondisi dimana ada suatu masalah pada otak anda yang menyerang syaraf di 3 titik yaitu rahang bawang, rahang atas serta mata.
Orang yang mengalami masalah ini sering kali merasa kesakitan yang luar biasa, hingga ada sebutan bahwa penyakit nueralgia adalah penyakit bunuh diri.
Karena berhubungan dengan syaraf, maka akibat dari penyakit nueralhia trigeminal bisa di bilang jauh lebih berbahaya dengan akibat-akibat dari penyebab gigi sakit sebelumnya.

10. Jarang menggosok gigi
Penyebab gigi sakit yang berikutnya ini mungkin sudah anda ketahui dan seakan menjadi penyebab utama yang sering kali di alami sebagian besar penderita sakit gigi.
Kurang rajinnya anda menggosok gigi yang mengakibatkan tumpukan kotoran di sela-sela gigi dapat menjadi sumber bakteri. Dimana bakteri-bakteri tersebut dapat menyebabkan kerusakan gigi dan memicu rasa sakit pada gigi anda.
Usahakan anda selalu menggosok gigi 2 kali sehari, yaitu pada pagi setelah sarapan dan malam hari ketika hendak tidur.

11. Makanan manis
Tidak bisa di pungkiri, bahwa terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti permen, cokelat dan lain-lain juga dapat menjadi penyebab gigi sakit bolong dan ngilu. Ini karena makanan manis adalah jenis makanan yang dapat memicu datangnya bakteri penyebab kerusakan gigi, serta memicu bakteri-bakteri tersebut menetap di gigi anda
Hal ini akan jauh lebih parah jika tidak di imbangi dengan kebersihan mulut yang selalu terjaga. Untuk itulah, setelah makan makanan manis sebaiknya anda segera membersihkan mulut, terlebih bagi anda yang memiliki gigi berlubang.

12. Penyakit sinusitis
Gigi sakit bisa terjadi bukan hanya karena adanya masalah pada rongga mulut, namun juga bisa terjadi karena adanya masalah pada rongga hidung. Ya, memang rongga mulut dan rongga hidung saling berhubungan sehingga tidak heran jika adanya masalah pada rongga hidung dapat menyebabkan masalah pada rongga mulut, yaitu sakit gigi.
Masalah pada rongga hidung yang di maksud di sini ialah terjadinya penyakit sinusitis. Menang tidak semua sakit gigi berpotensi mengalami sinusitis. Namun bagi anda yang sudah terserang penyakit sinusitis, makan potensi terserang sakit gigi.
Karena sakit gigi adalah salah satu gejala yang akan di alami ketika seseorang terserang sinusitis.Baca juga : Obat Sakit Gigi Ampuh Langsung Sembuh Dengan Cepat Dari Tumbuhan.

Akibat sakit gigi dibiarkan yang Terlalu lama

Inilah kemunkina akibat sakit gigi berkepanjangan bila dibiarkan tanpa segera dicegah dan diobati:

  • Gigi berlubang
Akibat gigi berlubang seorang penderita sakit gigi bisa merasakan kepalanya ikut terasa sakit karena sel sel saraf yang berhubungan organ kepala, bahkan terkadang gangguan pada kepala ini bisa menyebabkan saraf telinga dan mata menjadi terganggu karena infeksi yang terjadi pada gigi.

  • Radang gusi
Akibat lainnya adalah gusi pada gigi yang terasa sakit akan membengkak dan mengalami peradangan.

  • Bau mulut
Akibat gigi berlubang makanan yang kita kunyah terkadang masuk pada rongga gigi yang berlubang dan menyebabkan pembusukan. Hal inilah yang membuat aroma tak sedap akan muncul dari mulut para penderita sakit gigi.
Itu adalah Bahaya yang ditimbulkan akibat sakit gigi berkepanjangan, namun yang harus lebih di waspadai sehubungan dengan gangguan yang ditimbulkan akibat gigi berlubang adalah demikian ini, yakni akibat sakit gigi berlubang dibiarkan :

  • Menimbulkan kerusakan fungsi jantung
Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Sakit Gigi Berkepanjangan yang ke-1 Menyebabkan kerusakan fungsi jantung: Salah satu gangguan sakit gigi adalah karena pembentukan plak pada gigi yang menyebabkan kuman atau mikroorganisme penyakit bersarang pada gigi. Jika dibiarkan kuman tersebut bisa menghalangi proses aliran oksigen dan mengganggu peredaran darah manusiadan sampai pada kinerja jantung yang menjadi kurang optimal.
  • Menyebabkan gangguan saraf
Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Sakit Gigi Berkepanjangan yang ke-2 Menimbulkan gangguan saraf: Seperti yang telah diulas pada akibat gigi berlubang pada fase awal bahwa sakit gigi bisa menyebabkan saraf saraf pada kepala kurang berfungsi dengan baik. Ini bisa menjadikan gangguan pendengaran serius atau gangguan penglihatan secara serius, terutama bila seorang penderita sakit gigi menjalani tindakan pencabutan gigi saat gigi masih terasa sakit hingga sel sel saraf yang membengkak akan mempengaruhi otot kerja mata dan resiko kebutaan yang bisa ditimbulkan.

Sebegitu parah ternyata Bahaya yang ditimbulkan akibat sakit gigi berkepanjangan. Oleh karena itu baik kiranya kita mulai membiasakan memelihara kesehatan gigi dan mulut dan menerapkannya pada anak anak kita sejak dini.

Jika anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami sakit gigi, semoga dengan penjelasan di atas dapat membantu anda tentang bagaimana menghindari penyebab terjadinya sakit gigi hingga sakit gigi yang anda alami tidak kembali kambuh.

Sedangkan untuk anda yang belum pernah mengalami masalah sakit gigi, semoga penjelasan di atas dapat menambah kewaspadaan anda tentang sakit gigi.Sekian ya dari kami www.obatsakitgigialami.com tentang jawaban tentang Apa penyebab sakit gigi secara umum.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: