Wednesday, 27 July 2016

Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Orang Dewasa, Anak, Ibu Hamil dan Menyusui

Loading...
Ponstan Obat Sakit Gigi merupakan bahasan kita kali ini. Untuk abang-abang, embak-embak, adek-adek, sampai engkong-engkong yang biasanya terkena sakit gigi jangan berputus asa dulu dong. Sakit gigi memang dapat menyerang siapapun tanpa pandang bulu. Untuk itu perawatan mulut sangat diperlukan. Yang sering sikat gigi saja kadang masih terserang sakit gigi. Apalagi yang jarang sikat gigi, pasti deh itu giginya bakalan terlihat kotor dan dapat merusak pemandangan. Rajin-rajinlah merawat gigi kawan agar tidak dilanda sakit gigi di hari kemudian. Oke sobat, sudah dulu basa-basinya. Langsung saji nih pantengin obat sakit gigi yang satu ini, agar ketika sobat sakit gigi tak kan salah memilih dan mengkonsumsinya.

Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Orang Dewasa, Anak, Ibu Hamil dan Menyusui

Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Orang Dewasa, Anak, Ibu Hamil dan Menyusui
Ponstan Obat Sakit Gigi merupakan salah satu merk dari obat sakit gigi yang di dalamnya terkandung zat aktif yang biasa disebut asam memfanat, Obat satu ini biasanya sering digunakan oleh kebanyakan orang untuk mengobati sakit gigi dan nyeri. Hampir setiap orang yang mempunyai penyakit gigi pasti kenal dengan obat yang satu ini. Asam memfanat yang terkandung di dalam ponstan digolongkan ke dalam NSAID (Non Streoidal Anti-Inflammatory Drugs) , yaitu obat anti nyeri. Efek pada obat ini yaitu menghambat pembentukan prostaglandin yang merupakan zat yang berada di dalam tubuh yang menimbulkan sensasi nyeri. Oleh karena itu ponstan bukan hanya dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi melainkan juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat penyakit lainnya. Seperti, nyeri perut, nyeri luka (luka jahitan, luka bekas operasi), nyeri menstruasi, dan nyeri kepala.

Ponstan Obat Sakit Gigi 

Ponstan Obat Sakit Gigi sangat mudah ditemukan di apotek atau di warung-warung terdekat dengan bentuk kemasan dos 100 kapsul 250 mg, 100 tablet 500 mg, dan botol 60 ml suspensi. Ponstan tidak dianjurkan diberikan kepada orang-orang yang mempunyai riwayat penyakit alergi terhadap asam memfanat, penderita yang baru saja menjalani operasi by-pass jantung, penderita luka pada saluran pencernaan, dan penderita pada usia kehamilan 3 bulan terakhir.

Efek samping Postan

Seperti halnya obat pada umunya, ponstan juga mempuyai beberapa efek samping, Adapun beberapa efek samping dari ponstan yaitu:
  • Efek samping ringan dari menkonsumsi ponstan yaitu sakit kepala dan muntah. Dan adapun efek samping yang serius yaitu diare, muntah darah, darah dalam urin, penglihatan kabur, ruam kulit, gatal dan bengkak, sakit tenggorokan, dan demam.
  • Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan peningkatan resiko infark miokardial dan stroke yang dapat berakibat fatal.
  • Apabila muncul tanda-tanda seperti hipersentivitas atau ruam muncul maka pengobatan haruslah di hentikan. Karena selama pemakaian obat-obat NSAID akan muncul reaksi dermatologis, seperti sindrom Steven-Jhonson, nerkrolisis epidermal, dan dermatitis eksfoliatif yang dapat berakibat fatal bagi pengguna.
  • Apabila dipakai dalam dosis tinggi atau dalam jangka waktu yang lama ponstan akan mengakibatkan gangguan saluran gastrointestinal, seperti perdarahan, perforasi lambung atau usus, dan ulserasi.
  • Obat ini juga dapat menyebabkan gangguan pada organ hati, seperti penyakit kuning dan hepatitis. Pemakaian obat ini harus dihentikan apabila tes hati abnormal memburuk atau menetap, tanda-tanda dan gejala sistemik terjadi, seperti: ruam, eosinofilia, dll.
  • Obat yang tergolong dalam NSAID biasanya juga dapat menyebabkan anemia pada pasien.

Perhatian Sebelum Menggunkan Postan untuk Obat Sakit Gigi

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan ponstan adalah sebagai berikut:
  • Ponstan atau asam memfanat sebaiknya diminum setelah makan.
  • Untuk penderita yang mengalami gangguan pada fungsi ginjal dan hati dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat ini.
  • Untuk penderita hipertensi tekanan darah harus dipantau selama menggunakan obat ini.
  • Untuk pasien yang pernah mengalami gagal jantung atau retensi cairan maka harus diberikan perhatian. Karena obat yang tergolong dalam NSAID dapat mengakibatkan edema dan retensi cairan.
  • Sebelum mengkonsumsi ponstan (asam memfanat) pengguna harus dalam keadaan yang cukup cairan.
  • Ponstan dapat mengakibatkan efek mengantuk atau pusing, jadi ketika mengkonsumsi obat ini dianjurkan untuk tidak berkendara.
  • Untuk pengguna yang sudah lanjut usia, dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini. Karena orang yang sudah lanjut usia lebih sensitif terhadap efek dari obat ini, seperti masalah ginjal dan perdarahan perut.
  • Untuk ibu menyusui dianjurkan untuk tidak menkonsumsi obat ini atau apabila obat ini sangat di butuhkan maka diperbolehkan dengan syarat diberikan jarak yang cukup.
  • Untuk wanita hamil terutama pada usia kehamilan 3 bulan terakhir tidak dianjurkan untuk menggunakan obat ini karena akan menimbulkan kontraksi uterus dan efek pada sistem kardovaskular fetus atau pentupan prematur duktus arteriosus.
Baca juga: Harga Dan Dosis Obat Nonflamin 50 Mg Untuk Anak Orang Dewasa Dan Untuk Ibu Menyusui

 Interaksi Ponstan Obat Sakit Gigi

Interaksi dari obat ini adalah sebagai berikut:
  • Antikoagulan, aspirin, kortikosteroid, heparin, atau selective serotinin reuptake inhibitor karena dapat meningkatkan resiko pendarahan lambung
  • Probenesid atau magnesium hidroksida karena meningkatkan efek samping ponstan.
  • Lithium, Siklosporin, methotrexate, sulfonilurea atau kuinolon karena efek samping obat – obat ini akan meningkat apabila diberikan bersamaan dengan Ponstan.
  • Diuretic atau Angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor. Karena efektivitasnya akan menurun apabila diberikan bersama Ponstan.

 Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Anak-anak

Adapun aturan pakai yang disarankan dalam mengonsumsi obat ponstan sakit gigi adalah sebagai berikut:
Untuk anak-anak usia lebih dari 6 bulan 6,5 mg per kg berat badan anak, dikonsumsi dengan jarak 6-8 jam.
Untuk orang dewasa yang sedang mengalami penyakit nyeri dimulai dari 500 mg dan selanjutnya 250 mg, setiap 6 jam atau 2-3 kali dalam sehari, dianjurkan pemakaian tidak melebihi 7 hari.

 Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Orang Dewasa

Adapun dosis postan Untuk orang dewasa yang mengalami dismenore dimulai dari 500 mg dan selanjutnya 250 mg setiap 6 jam dimulai saat datangnya menstruasi, dan pemakaian dapat dilanjutkan hingga 2-3 hari.

 Aturan Pakai Ponstan Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Adapun cara pakai postan Untuk penggunaan oleh wanita hamil FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengadakan penelitian pada reproduksi hewan dan hasilnya menunjukkan efek buruk pada janin. Timbulnya efek buruk pada janin hewan haruslah dijadikan pertimbangan untuk penggunaan obat ini terhadap ibu hamil, Meskipun hasil studi pada hewan tidak selalu equivalen dengan hasil studi pada manusia.
Nah, itulah sedikit ulasan mengenai Ponstan Obat Sakit Gigi. Mungkin sakit gigi adalah hal yang sangat menyakitkan, namun lebih sakit lagi apabila penggunaan obat seperti ponstan ini tidak disesuaikan aturan. Untuk itu pengguna obat ini diharapakn untuk memperhatika aturan pakainya agar terhindar dari bahaya akibat penyalah gunaan obat. Jangan sampai nih, kita kehilangan nyawa gara-gara kecerobohan kita dalam mengonsumsi obat yang tidak sesuai aturan. Memang sih, kalau gelar atau pangkat semakin banyak semakin hebat, tapi kalo obat beda lagi urusannya. Oleh karena itu membaca sebelum mengkonsumsi sangatlah dianjurkan.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya tulis kali ini, semoga bermanfaat dan penyakit anda segera minggat setelah menggunakan Ponstan Obat Sakit Gigi yang tepat dan sesuai aturan. Trimakasih dan sampai jumpa.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: