Thursday, 28 July 2016

Harga, Dosis Cataflam 50 Mg, Indikasi, Kontraindikasi, Dan Efek Samping

Loading...
Mungkin dari sekian banyak obat, cataflam merupakan obat sakit gigi yang paling banyak digunakan. Namun obat ini juga bisa mengobati migrain, sakit punggung, dan lain sebagainya. Cataflam adalah nama paten dari obat kalium diklofenak. Sehingga merupakan derivat dari benzeneacetic acid, yang termasuk dalam garam monopotassium. Sedangkan rumus untuk molekul obat ini adalah C14H10CI2NKO2, dengan berat molekulnya yaitu 334,25.

Harga, Dosis Cataflam 50 Mg, Indikasi, Kontraindikasi, Dan Efek Samping

Harga, Dosis Cataflam 50 Mg, Indikasi, Kontraindikasi, Dan Efek Samping
Cataflam adalah obat yang termasuk dalam golongan obat non-steroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Serta memiliki efek analgesik, anti-inflamasi, dan antipiretik. Obat ini sering digunakan untuk mengurangi rasa nyeri setelah operasi gigi dan tulang. Karena itu obat ini paling pas digunakan untuk mengatasi sakit gigi yang disertai dengan gusi bengkak.

Biasanya obat ini paling banyak dibeli dengan dosis 25 mg dan juga 50 mg. Bentuknya berupa tablet dispers dan bentuk powder. Untuk mengonsumsinya sendiri, obat ini sebaiknya diminum setelah makan guna menghindari iritasi lambung.

Cataflam merupakan obat bermerek paten dari obat diclofenat. Diclofenat adalah kandungan cataflam yang merupakan obat berjenis analgetik. Yaitu obat-obatan yang berguna mengurangi rasa nyeri. Ada dua jenis diclofenat, yaitu kalium diclofenat dan sodium atau natrium diclofenat. Dibandingkan dengan sodium diclofenat, kalium diclofenat lebih cepat bekerja untuk mengatasi nyeri. Jadi kalium diclofenatlah yang biasanya menjadi pilihan utama.

Diclofenat bekerja dengan menghambat jalur aktivasi sensasi nyeri yaitu cycooxygenase (COX)-1 dan (COX)-2. Dan diclofenat ini bekerja dalam waktu 10 sampai 30 menit sehabis dikonsumsi.

Indikasi Cataflam

Diclofenat diindikasi untuk mengurangi nyeri pada kondisi seperti nyeri punggung, rematik, menstruasi, migrain, nyeri perut, dan sakit gigi. Sedangkan cataflam tidak boleh dikonsumsi pada seseorang yang mengalami penekanan sumsum tulang belakang, alergi diclofenat, dan seseorang yang memiliki riwayat pemasangan bypass jantung.

Kontraindikasi Cataflam

Selain itu, cataflam juga tidak boleh diberikan pada seseorang yang memiliki luka lambung, gangguan fungsi hati, sariawan, kelainan perdarahan, dan kehamilan trimester akhir.

Efek Samping Cataflam 50 Mg

Walaupun khasiatnya cukup besar, namun cataflam juga memiliki efek samping. Efek sampinya yaitu nyeri perut menyerupai sakit maag. Maka dari itu, mengonsumsi cataflam sebaiknya tidak dibenarkan untuk seseorang yang memiliki riwayat sakit maag. 

Sedangkan untuk wanita hamil, belum ada catatan pasti apakah bisa memberikan efek samping pada janin. Karena penelitian yang dilakukan pada hewan tidak menunjukkan risiko kepada janin. Penelitian yang dilakukan pada wanita hamil juga tidak memperlihatkan efek samping merugikan.

Dari penelitian tersebut, tidak ada penelitian terkendali yang mengkonfirmasi risiko pada wanita hamil pada trimester pertama, serta tidak ada bukti risiko pada trimester selanjutnya.

 Dosis Cataflam 50 Mg

Dosis dan aturan pakai obat cataflam yaitu akan dijelaskan berikut ini :
1. Untuk anak yang berusia lebih dari 14 tahun, dosisnya yaitu 75 sampai 100 mg sehari. Ini merupakan dosis untuk kasus yang ringan.

2. Sedangkan dosis untuk orang dewasa, dosis awal 100 sampai 150 mg, dan dibagi dalam 2 sampai 3 dosis.

Dosis untuk satu hari maksimal yaitu 150 mg. Dan dibagi menjadi 3 yaitu pagi, siang, dan malam. satu biji saat mengonsumsinya. Perlu diingat bahwa obat ini dilarang untuk diberikan pada anak-anak di bawah usia 14 tahun. Namun ada sebuah studi yang menunjukkan cataflam aman dikonsumsi anak usia 3 sampai 16 tahun. Untuk pemakaiannya sendiri, cataflam diminum bersamaan dengan makanan.

Untuk harganya sendiri, cataflam cukup terjangkau. Untuk tablet 50 mg x 50 biji harganya sekitar Rp 270.000. Jika membeli secara eceran per biji, harganya Rp 7.000 per biji. Namun bagi Anda yang ingin membeli dengan kemasan 25 mg harganya lebih murah.

Harga Cataflam 50 Mg

Cataflam merupakan obat yang sangat efektif sekali untuk mengobati nyeri. Jadi bagi Anda yang memiliki nyeri pada gigi, perut, dan punggung bisa segera atasi dengan cataflam. Dengan catatan Anda memang cocok menggunakan obat tersebut, dan tidak memiliki riwayat penyakit maag.

Untuk menghindari nyeri saat mengonsumsi obat ini, sebaiknya minumlah sehabis makan. Dengan begitu akan menghindari rasa nyeri yang bisa saja terjadi.

Khusus untuk Anda yang tidak cocok dengan obat cataflam, ada ramuan alami dan tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi. Ramuan alami tradisional tersebut adalah sebagai berikut:

1. Asam Jawa
Asam jawa merupakan ramuan tradisional alami yang sangat bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Asam jawa juga bermanfaat menghilangkan rasa nyeri akibat sakit gigi. Cara membuat ramuannya sangat mudah. Anda cukup menyangrai asam jawa hingga sedikit kering. Setelah itu seduh dengan air panas dan tambahkan sedikit gula. Minumlah selagi hangat.
Di Indonesia sendiri asam jawa banyak digunakan untuk membuat masakan daerah. Banyak masakan jawa yang biasanya menggunakan asam jawa untuk tambahan membuatnya. Masakan ini seperti rujak, pecel, dan lainnya.

2. Garam
Garam adalah bahan alami yang sangat bermanfaat sekali untuk mengobati sakit gigi. Garam bisa meredakan rasa sakit yang diakibatkan rasa berdenyut pada gigi. Caranya sangat mudah, Anda bisa melarutkan garam pada segelas air dan gunakanlah untuk berkumur. Lakukan cara ini beberapa kali agar sakit gigi cepat hilang.
Garam memang sangat bermanfaat sekali untuk tubuh manusia. Karena garam bisa memberikan rasa pada setiap masakan di dunia ini. Selain itu juga manfaatnya yang besar dalam mengobati sakit gigi. Dengan garam, sakit gigi bisa hilang tanpa harus melakukan pengobatan yang mahal.

3. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh juga ramuan tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sakit gigi. Cara menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi sangat simple. Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Selama beberapa menit maka sakit gigi Anda akan hilang.
Minyak cengkeh memang bermanfaat sekali dalam mengatasi sakit gigi. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi.

4. Bawang Putih
Bawang putih adalah bumbu dapur yang sangat efektif sekali dalam membunuh bakteri akibat sakit gigi. Anda hanya perlu menyiapkan bawang putih yang telah dikupas lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu, tumbuk sampai halus menggunakan ulekan. Apabila telah selesai, oleskan bawang putih tadi pada gigi yang sakit. Kemudian Anda bisa berkumur sampai bersih menggunakan air.
Dalam dunia medis, bawang putih memang berguna dalam mengatasi berbagai penyakit seperti kanker, dan juga sakit gigi. Begitu besar manfaat bawang putih sampai-sampai menjadi media pengobatan yang sangat ampuh.

Informasi mengenai cataflam di atas mungkin belum sepenuhnya menjadi informasi yang lengkap. Namun setidaknya bisa menjadi informasi yang bermanfaat serta bisa menambah referensi untuk Anda. Demikianlah beberapa informasi yang dapat disampaikan di atas. Semoga dengan informasi ini, Anda bisa mengobati sakit atau nyeri yang sedang dirasakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, yang paling penting adalah anda harus rajin merawat gigi anda agar tetap sehat. Sekian saja dulu artikel dari obat sakit gigi Alami dot com.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: