Friday, 29 July 2016

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak Dengan Cepat

Loading...
Cara menghilangkan sakit gigi berlubang memang gampang-gampang susah. Bisa dibilang gampang karena pengobatannya bisa dilakukan mulai dari pengobatan tradisional yang sangat sederhana hingga memanfaatkan teknologi kedokteran yang semakin hari kian canggih. Pun dapat dibilang susah karena kadang-kadang proses penyembuhannya memang memakan waktu yang cukup lama serta diperlukan pencegahan dari jauh-jauh hari dan menjadikannya kebiasaan yang baik agar gigi berlubang dan rasa sakit yang ditimbulkannya tidak terulang lagi.

Selain karena adanya rasa nyeri yang ditimbulkan, cara menghilangkan sakit gigi berlubang pun menjadi lebih penting sebab akibat dari gigi berlubang tidak hanya berpengaruh pada gigi tersebut dan rasa sakitnya, namun juga bisa menimbulkan efek lainnya yang tidak kalah mengganggu yakni gusi bengkak. Gusi bengkak selain mengganggu dengan rasa sakitnya tentu juga mengganggu penampilan, oleh karena itu perlu penanganan segera sebagaimana gigi berlubang dan rasa sakitnya.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang Dan Gusi Bengkak Dengan Cepat
Berikut di bawah ini merupakan beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang dan gusi bengkak yang bisa dilakukan dengan cepat sebelum pergi ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut serta beberapa tanaman herbal yang cukup ampuh mengatasi masalah gigi.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Cepat


Ketika merasakan nyeri pada gigi yang kadang muncul secara tiba-tiba dan tak tertahankan, tentu akan terasa sangat mengganggu aktifitas. Oleh karena itu, sesegera mungkin masalah rasa nyeri yang dialami ini harus diselesaikan. Beberapa Tips menghilangkan sakit gigi berlubang yang mudah dalam waktu relatif singkat di antaranya adalah:

1. Berkumur dengan air garam
Obat sakit gigi alami yang awal adalah kumur air garam, Berkumur dengan air garam memberikan manfaat yang nyata kepada gigi sakit dan sensitif. Yodium yang terkandung di dalam garam nyatanya tidak hanya berdasarkan pengalaman mampu mengatasi rasa nyeri pada gigi dalam waktu yang relatif singkat juga telah teruji secara ilmiah dengan hasil yang efektif.
Larutkan garam secukupnya ke dalam air hangat, tunggu hingga mendingin kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut. Mouthwash juga berfungsi kurang lebih sama dengan fungsi garam ini, namun tentu saja menggunakan yang lebih alami biasanya lebih baik.

2. Berkumur dengan baking soda

Selain menggunakan garam, cara menghilangkan sakit gigi berlubang lainnya adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Zat yang terkandung dalam baking soda ini ternyata sangat baik untuk kesehatan gigi, termasuk meredakan rasa nyeri dan sangat efektif membunuh bakteri dan mencegah penyebarannya di mulut.
Lebih dari itu, baking soda ini bisa memutihkan gigi dalam waktu yang relatif singkat dengan cara mencampurkannya dengan pasta gigi yang biasa kita pakai. Namun hati-hati, baik untuk pengobatan sakit gigi maupun untuk memutihkan, baking soda ini tidak boleh digunakan terlalu sering karena bisa jadi mengikis lapisan gigi terluar sehingga menimbulkan rasa sakit lainnya.

3. Kompres dengan air hangat
Mengompres sekitar pipi dengan air hangat merupakan cara menghilangkan sakit gigi berlubang dan gusi bengkak dari luar. Meskipun memang tidak bersentuhan dengan gigi yang sakit secara langsung yang tentu saja berarti tidak ada pengobatan kepada gigi yang berlubang, namun mengompres bagian yang sakit dengan air hangat cukup efektif meredakan rasa sakit untuk sementara dengan praktis.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang dengan Kebiasaan Baik

Cara menghilangkan sakit gigi berlubang tentu tidak berhenti hanya dengan pengobatan. Penjagaan jangka panjang justru lebih penting untuk mencegah kejadian yang sama tidak terulang kembali. Beberapa kebiasaan baik di bawah ini adalah salah satu penjagaan jangka panjang yang akan membuat sakit gigi pergi jauh-jauh!

1. Menjaga Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihan mulut merupakan hal paling utama yang wajib dilakukan jika ingin terhindari dari penyakit gigi dan gusi. Dalam menjaga kebersihan mulut paling tidak sikat gigilah sehari dua kali dengan rutin setiap hari pada pagi dan malam hari, setelahnya menggunakan mouthwash tentu akan melengkapinya.
Ingatlah untuk menyikat gigi setiap hendak tidur pada malam hari karena jika tidak, saat tidur adalah saat yang paling baik bagi kuman dan bakteri untuk menyebar di mulut, akibatnya tentu saja akan dengan mudah terserang sakit gigi dan gusi.

2. Pilih Sikat Gigi yang Tepat
Selain menyikat gigi dengan rutin, tentu pemilihan sikat gigi yang tepat sesuai bentuk mulut kita adalah hal yang penting. Tidak jarang salah satu masalah mulut yang sering tampil, yaitu sariawan, timbul akibat salah memakai jenis sikat gigi sehingga sering terjadi luka pada gusi dan bagian mulut lainnya yang tentu saja akan sangat mudah menimbulkan iritasi dan luka hingga sariawan.

Cara memilih sikat gigi yang tepat salah satunya adalah dengan memilih kepala sikat dan jenis bulu sikat yang sesuai dengan sensitifitas mulut kita. Ada sebagian orang yang lebih nyaman menggunakan sikat gigi dengan kepala sikat berbentuk besar karena merasa mulut lebih banyak yang dijangkau dan lebih cepat bersih. Namun bagi sebagian orang lainnya yang cenderung memiliki tipe bentuk mulut yang mengecil ke dalam, tentu penggunaan sikat gigi dengan kepala sikat yang besar ini cukup mengganggu karena boro-boro membersihkan secara kumplit, terutama bagian gigi geraham, kepala sikat berbentuk besar ini seringkali membentur bagian mulut hingga menimbulkan luka dan sariawan.

Soal bulu sikat pun sama, bagi yang memiliki gusi dan bagian mulut lainnya yang sensitif tentu bulu sikat dengan jenis yang lembut terasa lebih baik, namun bagi sebagian lainnya, bulu sikat gigi yang cenderung lebih kasar adalah lebih baik. Oleh karena itu hendaklah pemilihan sikat gigi senantiasa disesuaikan dengan jenis dan kontur mulut kita demi kenyamanan dan kesehatan mulut.

3. Waktu menyikat gigi yang tepat
Tidak banyak orang yang tahu bahwa menyikat gigi tepat setelah makan, terutama setelah mengonsumsi minuman bersoda adalah justru salah satu cara yang menimbulkan masalah pada mulut. Menyikat gigi tepat setelah makan justru akan menimbulkan penyebaran bakteri besar-besaran di dalam mulut. Untuk minuman bersoda lebih-lebih, tingkat keasaman yang ditimbulkannya akan sangat dengan mudah merusak bagian-bagian gigi dan membuat gigi akan dengan sangat mudah menjadi berlubang.
Oleh karena itu sebaiknya setelah makan tunda dulu acara menyikat gigi selama lima belas hingga tiga puluh menit, jangan sampai langsung menyikat gigi. Hal ini juga berlaku ketika bangun tidur. Tidak dianjurkan untuk menyikat gigi tepat setelah bangun tidur sekali karena akan menyebarkan bakteri di dalam mulut.

4. Hindari makanan penyebab sakit gigi
Beberapa makanan dan minuman penyabab sakit gigi di antaranya adalah makanan yang banyak mengandung gulu seperti permen, cokelat dan makanan manis lainnya, kafein yang banyak dikandung kopi serta rokok yang sangat berakibat fatal pada kesehatan gigi dan mulut. Itulah beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang yang efektif jika benar-benar melaksanakannya.

Sekian saja bila ingin tips Cara Menghilangkan Sakit Gigi Berlubang lainnya silahkan lihat di artikel sebelumnya di obatsakitgigialami.com ini.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: