Wednesday, 27 July 2016

Obat Yang Mengandung Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi dan Dosisnya

Loading...
Dalam artikel akan dibahas Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi. Asam mefenamat adalah salah satu tipe obat yang tergolong dalam obat anti-inflamasi non-steroid (OAINS). Obat ini memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa sakit atau nyeri ringan sampai sedang. Contohnya nyeri pada otot, nyeri menstruasi, sakit gigi dan sakit kepala.

Mekanisme kerja dari asam mefenamat yakni dengan cara menghalangi efek dari enzim siklooksigenase (COX). Enzim ini dapat membantu tubuh anda dalam memproduksi bahan kimia yang biasa disebut dengan prostaglandin. Zat kimia inilah yang menyebabkan rasa sakit serta peradangan. Dengan mengurangi efek dari enzim COX, maka prostaglandin yang dihasilkan akan menjadi lebih sedikit. Oleh sebab itu, nantinya rasa sakit serta peradangan akan mulai reda dan kemudian membaik.

Obat Yang Mengandung Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi dan Dosisnya

Obat Yang Mengandung Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi dan Dosisnya
Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi merupakan jenis obat yang harus dipakai berdasarkan petunjuk ataupun resep dokter. Oleh sebab itu, jangan sembarangan mengkonsumsi obat ini tanpa menguunakan rekomendasi dari dokter. Indikasi atu manfaat dari Asam Mefenamat yakni bisa digunakan untuk mengobati berbagai jenis nyeri akut sepertihalnya nyeri pada sakit gigi, setelah dilakukan pencabutan gigi ataupun rasa sakit sesudah trauma seperti sendi, cedera otot, tulang ataupun keseleo. 

 Diamana kita dapatkan Asam Mefenamat ?

 Jika anda mengingikan obat ini pergi ke apotik tanyankan saja Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi dan selai merek asam mefenamat sendiri ada dua obat yang sudah familiar yang juga mengandung asam Mefenamat yaitu; Mefinal dan Ponstan, keduanya adalah merek dari perusahaan farmasi yang sama-sama isinya adalah asam mefenamat. Mefinal diproduksi oleh Sanbe, sedangkan Ponstan oleh Pfizer. Selain kedua merek ini, juga banyak tersedia versi generiknya dengan harga yang lebih murah dibanding kedua merek tersebut. Ciri-ciri obat jika Anda menemui di apotek yaitu biasanya bentuknya kaplet (tablet tapi bentukannya kayak kapsul, lonjong tidak bulat gepeng) dan berwarna kekuningan.

Manfaat Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi merupakan obat sakit gigi yang paling populer di masyarakat . Setiap orang yang pernah menderita sakit gigi, dapat diperkirakan pernah mengonsumsi obat ini. Hal ini disebabkan karena khasiatnya yang sagat ampuh sebagi mpenghilang rasa sakit gigi. Seperti jenis obat kimia lain, tentu asam mefenamat mempunyai efek samping untuk kesehatan apabila dikonsumsi sembarangan atau tanpa menggunakan resep dokter. 

Kita sudah mengetahui bahwa Asam mefenamat merupakan zat aktif yang dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri. Asam mefenamat merupakan jenis obat yang tergolong dalam NSAID (Non Streoidal Anti-inflammatory Drugs) yang sangat ampuh untuk meredakan nyeri, dalam hal ini termasuk nyeri atau sakit gigi.

Apabila anda sedang mengalami sakit gigi berlubang tentu rasanya akan sangat menyakitkan, susah makan, dan tidurpun juga akan susah. Oleh sebab itu, untuk anda yang sedang sakit gigi karena gigi berlubang atau sebab lainnya, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi yang bisa anda peroleh diapotek terdekat. Namun penggunaannya harus dibatasi atau sesuai dengan aturan pakai . Berikut ini akan dibahas pejelasan dari asam mefenat:

Koposisi / kandungannya pada Asam Mefenamat 250 mg adalah tiap tablet nya mengandung Asam Mefenamat sebanyak 250 mg. Sedangkan untuk Asam Mefenamat 500 mg, setiap tabletya mengandung Asam Mefenamat sebanyak 500 mg. Sedangkan cara kerja Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi adalah seperti OAINS (Obat Anti-Inflamasi Non-Steroid atau NSAID) lainnya yakni dengancara menghambat sintesa prostaglandin dengan jalan menghambat kerja dari enzim cyclooxygenase (COX-1 & COX-2).

Disamping untuk mengurangi nyeri pada sakit giigi, obat ini juga memiliki indikasi atau kegunaan yang lainnya. Indikasi dari Asam Mefenamat antaranya sebagai penghilang nyeri akut sertakronik, ringan hingga sedang yang berhubungan dengan sakit kepala, dismenore primer, sakit gigi, termasuk juga nyeri sebab trauma, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri setelah melakukan operasi, dan juga nyeri setelah persalinan. Kontraindikasi dari Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi adalah untuk penderita tukak lambung, gangguan ginjal, radang usus, asma serta hipersensitif pada penggunaan asam mefenamat.

Dosis dan Efek Samping Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

Berikut ini akan dibahas dosis Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi dan juga untuk jenis nyeri lainnya:
1. Dewasa dan anak pada usia di atas 14 tahun
Dosis awal yang dapat digunakan adalah 500 mg dan kemudian dapat dilanjutkan dengan 250 mg setiap 6 jam.

2. Dismenore
Asam Mefenamat 500 mg dapat dikonsumsi 3 kali dalam sehari. Dapat diberikan pada saat awal menstruasi atau ketika sakit . Kemudian dapat dilanjutkan sekitar 2-3 hari.

3. Menoragia
Asam Mefenamat 500 mg dapat dikonsumsi 3 kali sehari. Obat ini dapat diberikan saat mulai menstruasi dan kemudian dapat dilanjutkan 5 hari atau hingga perdarahan tersebut berhenti.

Disamping manfaat yang diperoleh, tentu obat kimia juga memliki beberapa efek samping. Efek samping yang ditimbulkan dari Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi adalah gangguan pada saluran cerna, antara lain eperti ikolik usus, mual, muntah ritasi lambung, dan diare, pusing, rasa mengantuk, penglihatan kabur, sakit kepala, vertigo dan dispepsia. Apabila di gunakan secara terus-menerus dengan menggunakan dosis 2000 mg atau lebih dalam sehari, asam mefenamat bisa mengakibatkan anemia hemolitik dan agranulositosis.
Obat ini tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Terutama disaat akhir masa kehamilan ataupun ketika melahirkan sebab efeknya akan mempengaruhi sistem kardiovaskular fetus atau terjadi enutupan prematur duktus arteriosus serta kontraksi uterus. Sedangkan untuk ibu menyusui, obat ini dapat disalurkan melalui air susu ibuterhadap bayi, sehingga obat ini tidak direkomendasikan untuk ibu yg sedang menyusui.

Perhatian ! untuk yang mau mengkunsumsi Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi

  • Wwanita yang sedang hamil dan menyusui, sesuaikan dengan anjuran dokter.
  • Obat ini mengurangi kesuburan seseorang sehingga sebaiknya dihindari bagi mereka yang sedang berencana untuk hamil.
  • waspada dengan penggunaan asam mefenamat jika berusia di atas 65 tahun.
  • Dikonsumsi setelah makan nasi atau dengan camilan.
  • Jika mengonsumsi obat ini, sebaiknya tidak mengemudi atau mengoperasikan alat berat karena obat ini bisa menyebabkan rasa kantuk.
  • Harap berhati-hati jika menderita tukak lambung, inflamasi usus, asma, anemia, edema, alergi terhadap obat anti inflamasi non-steroid (misalnya, aspirin dan ibuprofen), gangguan hati, gangguan ginjal, penyakit jantung, gangguan penggumpalan darah, hipertensi, epilepsi, lupus, pofiria, serta pernah menjalani operasi jantung.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter
  • Penggu naan asam mefenamat sebaiknya diminu m sesudah makan. Iringi dengan manfaat susu atau makanan lain karena obat ini dapat mengiritasi lambung dan saluran pencernaan. Penggunaan obat ini pada wanita hamil dan men yusui harus dengan resep dokter dan dipertimba ngkan dengan baik. Hanya dikonsumsi diatas umur 14 tahun.
Untuk anak – anak, belum dilakukan peneletian tentang keamanandan juga efikasi dari penggunaan Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi pada anak dibawah usisa 14 tahun. Obat ini juga berefek pada hasil laboratorium. Dimana obat ini bisa menyebabkan reaksi false-positif dari tes urin memakai tes tablet diazo.

Pada umumnya dokter meresepkan Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi untuk penggunaan jangka pendek. Hal ini bertuuan dalam mengurangi risiko efek samping yang mungkin akan ditimbulkan. Namun apabila ternyata anda memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mengkonsumsinya karena rasa sakit yang masih belum bisa, dokter mungkin akan meresepkan obat lain yang bisa anda gunakan bersaman dengan penggunaan asam mefenamat. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi lambung anda dari iritasi karena efek samping dari asam mefenamat.

Oleh sebab itu, saat obat yang diresepkan dokter telah habis. Anda jangan serta mencarinya di apotek serta melanjutkan pemakainnya tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Tidak semua orang diperbolehkan untuk mengkonsumsi jenis obat ini. Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi atau nyeri yang lainnya tidak boleh dipakai untuk beberapa kelompok orang berikut ini: Orang yang memiliki alergi terhadap jenis obat OAINS lainnya seperti ibuprofen, aspirin, dan lainsebagainnya yang biasanya dipakai dalam mengobati rasa sakit serta sakit kepala.
Disamping untuk sakit gigi, asam mefenamat dapat digunakan sebagai salah satu obat pilihan dalam mengatasi nyeri haid (dismenore) serta sindrom premenstruasi. Penggunaan obat ini sebagai obat penurun panas, masih dalam sebuah kontroversi sebab ada obat lain yang efektif serta aman digunakan untuk menurunkan panas yakni parasetamol. Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan tentang Asam Mefenamat untuk Sakit Gigi. Semoga memberi manfaat untuk anda silahkan kunjungi Obatsakitgigialami.COM  ini jika anda mengalami sakit gigi agi.
Loading...
Previous Post
Next Post

0 komentar: